ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Wali Kota Bandung Ancam Kembali Tutup Bioskop

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Roni Kurniawan • 12 Oktober 2020 11:32
Bandung: Pemerintah Kota Bandung mengklaim telah melakukan kajian dan meninjau kesiapan protokol kesehatan sebelum memberikan izin bioskop buka lagi di tengah pandemi covid-19. Status zona merah tingkat kewaspadaan covid-19 di Bandung tak menyurutkan Pemkot untuk merelaksasi bioskop.
 
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan pemberian izin bioskop buka telah melalui proses yang cukup lama di tengah pandemi covid-19. Bahkan Oded mengaku telah mencapai kesepakatan dengan para pengusaha bioskop guna memastikan tidak ada penularan covid-19 ditempat hiburan tersebut
 
"Begini, itu proses cukup lama dari mulai setiap evaluasi. Kemudian kami berupaya bagaimana tetap berjalan pada kehati-hatian sehingga saya perintahkan ke sekda, kami di lapangan langsung mengadakan simulasi. Mudah-mudahan upaya preventif kita dalam protokol kesehatan," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kasus Covid-19 Nihil untuk Pertama Kali di NTT
 
Oded menegaskan pihaknya tak segan menutup kembali bioskop jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan termasuk penyebaran kasus baru covid-19. Petugas dari Gugus Tugas Kota Bandung juga terus memantau seluruh sektor yang diberi relaksasi termasuk bioskop.
 
"Kami berikan relaksasi, kami tetap evaluasi kalau ada yang melanggar kita tutup," jelas Oded.
 
Sementara Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf, menuturkan dibuka kembali bioskop merupakan taruhan bagi Pemkot Bandung di tengah pandemi covid-19. Pasalnya bioskop bukan sektor yang prioritas untuk dibuka kembali saat Bandung masuk status zona merah.
 
"Tapi sekarang misalnya percaya dulu pada Pemkot Bandung untuk menjamin bahwa bioskop akan aman, itu bagian dari pengujian oleh Pemprov Jabar jangan buru-buru di tanggapi negatif itu bisa juga sebagai kebijakan, pengujian dan kepercayaan bahwa dia tidak main-main untuk buka bioskop dan kaitanya dengan covid-19," jelas Asep.
 
Sebelumnya Pemkot Bandung memberikan izin kepada 9 bioskop untuk buka kembali di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Diperketat pada 9 Oktober kemarin. Padahal, Bandung telah dinyakatan masuk zona merah tingkat kewaspadaan covid-19 oleh Pemprov Jabar.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif