Angin puting beliung rusak belasan rumah dan empat unit tiang listrik tumbang ke badan jalan di Aceh Utara, Selasa, 9 Juni 2020. Dokumentasi/ Istimewa
Angin puting beliung rusak belasan rumah dan empat unit tiang listrik tumbang ke badan jalan di Aceh Utara, Selasa, 9 Juni 2020. Dokumentasi/ Istimewa

Belasan Rumah di Aceh Diterjang Angin Puting Beliung

Nasional angin puting beliung
Fajri Fatmawati • 10 Juni 2020 11:56
Banda Aceh: Angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Aceh Utara mengakibatkan 13 rumah rusak dan empat unit tiang listrik tumbang. Peristiwa tersebut terjadi akibat intensitas hujan tinggi disertai angin kencang.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, mengatakan angin puting beliung melanda 12 desa, di lima kecamatan, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.
 
"Ada sekitar 13 rumah rusak berat dan empat unit tiang listrik tumbang ke badan jalan akibat angin puting beliung. Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB kemarin," kata Sunawardi, saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Belasan Rumah di Blitar Hancur Diterjang Angin Puting Beliung
 
Sunawardi merinci dua belas desa yang terdampak angin puting beliung tersebut yakni, Desa Mee, Meunje Patong, Meunje Peut, Blang Reuma, Batoh Kuta Batee, Kecamatan Meurah Meulia, dan Desa Meunasah Ranto, Kecamatan Nibong.
 
"Kemudian, Desa Alue Gampong, Kecamatan Tanah Luas, Desa Aron Pitak, Kecamatan Matangkuli, Desa Hasan Seulemak, Tek Tek, Cot Teufah, Pucok Alue, Kecamatan Paya Bakong," jelas Sunawardi.
 
Dari bencana tersebut 12 kepala keluarga (KK) terdampak dengan rincian, di Desa Seulemak terdapat delapan KK, Desa Tek Tek dua KK, Desa Cot Tufah satu KK, dan Desa Pucok Alue satu KK.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini dan untuk sementara korban yang rumahnya rusak total sudah mengungsi kerumah saudara. Kondisi terakhir yang saya terima keadaan sudah mulai kondusif," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif