?Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Medcom.id/Rhobi Shani
?Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara Zona Merah Covid-19, Tetap Izinkan Salat Iduladha

Nasional Idul Adha
Rhobi Shani • 29 Juli 2020 16:21
Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengizinkan masyarakat menggelar salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban. Meskipun Kabupaten Jepara masuk dalam zona merah covid-19 di Jawa Tengah.
 
"Karena risikonya sedang, maka rapat memutuskan mengizinkan masyarakat untuk menggelar salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban tetapi dengan syarat harus disiplin mematuhi protokol kesehatan," ujar Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Anggota Polisi dan TNI akan diterjunkan saat pelaksanaan salat Iduladha. Begitu juga dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam yang memiliki satuan pengamanan internal. Para petugas bakal memastikan jemaah disiplin melakukan protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Hewan Kurban di Malang Diperiksa Jelang Iduladha
 
"Supaya pelaksanaan ibadah Iduladha tidak menimbulkan risiko. Secepatnya kami Pemkab Jepara akan mengeluarkan surat edaran yang berisi panduan dan tatacara salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban," kata Dian.
 
Keputusan mengizinkan salat Iduladha diputuskan pada Selasa malam, 28 Juli 2020, pada rapat bersama antara bupati Jepara, Forkopimda, Kemenag, MUI dan beberapa ormas Islam di Jepara.
 
Sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H, masyarakat diijinkan melaksanakan ibadah Iduladha. Tapi, warga harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Izin dikecualikan bagi daerah yang belum dinyatakan aman dari covid 19 oleh pemerintah daerah atau Gugus Tugas Daerah.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif