NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

10 Ribu Rapid Test Korona Tiba di Jatim Besok

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 25 Maret 2020 21:19
Surabaya: Sebanyak 10 ribu bantuan rapid test dari pemerintah pusat akan tiba di Jawa Timur, Kamis, 26 Maret 2020. Nantinya alat tes virus korona covid-19 itu akan disebar di rumah sakit di berbagai daerah di Jatim.
 
"Insyaallah rapid test itu akan tiba di Jatim besok Kamis, jumlahnya ada 10 ribu," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Rabu, 25 Maret 2020.
 
Khofifah mengatakan alat rapid test itu nantinya akan digunakan untuk melakukan tes korona massal di Jatim. Rapid test merupakan alat screening untuk mengetahui kondisi tubuh manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun Khofifah belum menjelaskan kapan tes virus korona massal itu akan dilakukan. Ia hanya mengatakan akan mendistribusikan sesegera mungkin secara proporsionalitas ke rumah sakit di wilayahnya.
 
"Kita akan evaluasi rumah sakit mana yang banyak merawat pasien PDP dan positif korona, nanti akan didistribusikan secara proporsional," jelas KHofifah.
 
Sementara Ketua Tim Kuratif pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyudi, menyatakan rapid test tersebut akan didistribusikan sesegera mungkin. Rapid test tersebut akan dibagi ke Dinas Kesehatan kabupaten/ kota dan rumah sakit rujukan covid-19 di Jatim.
 
"Kemudian kita evaluasi rumah sakit yang banyak merawat pasien atau PDP-nya lebih banyak, akan mendapat lebih banyak. Kemudian rumah sakit yang mengembangkan ruang isolasi, juga akan kita berikan lebih," ujar Joni.
 
Joni menyebut 10 ribu alat rapid test yang diberikan pemerintah pusat memang masih kurang. Dia pun berharap, nantinya Pemprov Jatim akan kembali mendapat bantuan alat rapid test tambahan. "Begitu mendapat alat tambahan, maka akan langsung didistribusikan kembali," pungkas Joni.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif