Rumah penduduk di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mengalami banjir mencapai 2 meter, Minggu (26/6/2022) setelah sebelumnya diguyur hujan intensitas deras berjam-jam (ANTARA/HO-BPBD SUMSEL)
Rumah penduduk di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mengalami banjir mencapai 2 meter, Minggu (26/6/2022) setelah sebelumnya diguyur hujan intensitas deras berjam-jam (ANTARA/HO-BPBD SUMSEL)

Ratusan Rumah di Muara Enim Terendam Banjir Setinggi 2 Meter

Antara • 26 Juni 2022 11:45
Palembang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan melaporkan ratusan rumah warga di Kabupaten Muara Enim, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter, pada Minggu, 26 Juni 2022.
 
Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengatakan ratusan rumah penduduk yang terdampak banjir itu tersebar di Kecamatan Tanjung Enim, Tanjung Agung, dan Muara Enim.
 
Berdasarkan data tim pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana Muara Enim, dari tiga lokasi tersebut, rumah penduduk yang terendam banjir terbanyak berada di Kecamatan Tanjung Enim, yakni sekitar 540 unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lokasi banjir terparah di Jalan Lingga 1 dan Jalan Tanjung Buruk, Tanjung Enim yang digenangi air dengan ketinggian air capai dua meter," katanya.
 
Untuk dua Kecamatan lainnya yang terdampak banjir ada tiga unit rumah, karena mencakup kawasan industri pertambangan dan perkebunan.
 
Baca: Warga Leuwiliang Bogor Pasrah Harta Habis Tersapu Banjir Bandang
 
Ia menjelaskan banjir tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, yang disebabkan oleh luapan air Sungai Enim setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu malam sekitar pukul 19.00 WIB.
 
Dari kejadian tersebut, Petugas BPBD Muara Enim, DPKP Muara Enim bergerak bersama PT SBS (mining) mengevakuasi korban banjir yang mencapai 543 kepala keluarga.
 
Para korban banjir yang meliputi ibu, anak-anak dan lanjut usia dievakuasi petugas menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman.
 
"Kondisi terkini wilayah yang terdampak banjir sebagian sudah mulai surut," kata dia
 
Hingga kini petugas masih bersiaga di lokasi terdampak banjir untuk mengantisipasi banjir susulan dengan mendirikan posko.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif