Pantauan mudik di Stasiun Kereta Api Medan. Foto: Dok/Metro TV
Pantauan mudik di Stasiun Kereta Api Medan. Foto: Dok/Metro TV

Stasiun Kereta Api Medan Maksimalkan Layanan Jelang Arus Mudik 2022

Nasional Mudik Lebaran kereta api medan PT KAI Lebaran 2022
MetroTV • 26 April 2022 19:42
Medan: PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatra Utara akan memaksimalkan pelayanan guna mengantisipasi lonjakan penumpang. Sementara itu, lonjakan arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-2 Lebaran.
 
Jelang Lebaran 2022 pergerakan pemudik di Sumatra Utara yang menggunakan jasa layanan kereta api di Stasiun Kereta Api Medan mulai mengalami peningkatan sejak H-10 Lebaran. Namun, peningkatan tersebut tidak signifikan atau hanya mencapai 35% dengan rata-rata penjualan tiket per harinya menyentuh angka 4.000 tiket.
 
“Keramaian di Stasiun Kereta Api Medan baru akan terjadi mulai pukul 11 hingga 1 siang waktu setempat. Di mana waktu ini memang banyak sekali orang yang berangkat dari Stasiun Medan dengan rata-rata per harinya mencapai 250 lebih penumpang,” ujar reporter Metro TV Dana Pangaribuan melaporkan dari Stasiun Kereta Api Medan dalam program Newsline, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 4 kereta akan melayani penumpang untuk jarak menengah dan jauh dengan rata-rata total penumpang per harinya mencapai 790 penumpang. Sedangkan 2 kereta digunakan untuk melayani penumpang jarak dekat. Tercatat per tanggal 24 April 2022, sebanyak 2.535 penumpang telah diberangkatkan dari Stasiun Kereta Api Medan.
 
Vice President PT. KAI Divisi Regional I Sumatra Utara Yuskal Setiawan menyatakan, pihaknya telah mengambil dua langkah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang. Langkah pertama adalah memaksimalkan pelayanan kesehatan seperti pengadaan layanan vaksinasi, tes rapid antigen, memaksimalkan penerapan protokol kesehatan, serta memaksimalkan penjualan tiket secara online.
 
“Untuk mempersiapkan angkutan lebaran tahun ini kita memang mengupayakan secara maksimal. Dari segi layanan kesehatan, kami menyiapkan 5 stasiun yang melayani antigen dan vaksin booster,” kata Vice President PT. KAI Divisi Regional I Sumatra Utara Yuskal Setiawan.
 
Sementara langkah kedua yang dilakukan PT. KAI Divisi Regional I Sumatra Utara yakni mempersiapkan kereta api tambahan jika nantinya ada lonjakan penumpang yang diprediksi akan terjadi pada H-2 Lebaran 2022. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif