Pemprov Sulut Merogoh APBD Rp35 Miliar untuk THR ASN

Mulyadi Pontororing 05 Juni 2018 07:21 WIB
tunjangan hari raya
Pemprov Sulut Merogoh APBD Rp35 Miliar untuk THR ASN
Ilustrasi- Medcom.id.
Manado: Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyediakan dana pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 terhadap 11.003 aparatur sipil negara (ASN) termasuk guru.

Sekretaris Daerah Pemprov Sulut Edwin Silangen mengatakan, pihaknya merogoh Rp35 miliar dari APBD untuk membayar THR dan gaji ke-13. Anggaran yang digelontorkan pun termasuk tunjangan kinerja. 

"Pemberian THR kepada ASN Pemprov Sulut akan dibayarkan sebelum cuti bersama pada bulan Juni. Sedangkan pembayaran gaji ke-13 pada bulan Juli," kata Silangen, di Kantor Gubernur Sulut, Manado, Senin, 4 Juni 2018.


Dia menjelaskan, ditambahkannya tunjangan kinerja atas THR dan Gaji ke-13 itu sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 903/3386/SJ, tanggal 30 Mei 2018 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ketiga Belas yang bersumber dari APBD. Maka penghasilan yang menjadi komponen penghitungan besaran THR dan Gaji ke-13 bagi PNS meliputi, gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tambahan penghasilan PNSD atau tunjangan kinerja.

Silangen mengaku, karena ada penambahan tunjangan kinerja menyebabkan penambahan juga pergeseran anggaran untuk menutupi kekurangan anggaran THR dan gaji ke-13.  

"Dengan perincian tambahan penghasilan yang akan digabung dengan pemberian THR kurang lebih senilai Rp17 miliar dan tambahan penghasilan yang akan digabung dengan pemberian gaji 13 juga senilai kurang lebih Rp17 miliar," beber Silangen.

Silangen mengungkap, Pemprov Sulut telah lebih dulu menyiapkan anggaran hingga Rp93,4 miliar untuk pembayaran THR dan Gaji ke-13 bagi 11.003 ASN Pemprov Sulut termasuk tenaga guru.

Dia berharap, pemberian gaji tambahan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan para ASN kepada masyarakat. Tambahan penghasilan juga diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi daya beli ASN menghadapi dan tahun ajaran baru sekolah.

Dia menjelaskan, pembayaran THR mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pemberian THR dalam Tahun Anggaran 2018 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan.

"Terkait proses pembayaran THR dan Gaji ke-13, akan dilaksanakan secara Non Tunai sehingga sangat diharapkan kerjasama pihak PT Bank SulutGo agar proses transfer ke rekening masing-masing ASN dilaksanakan tepat waktu," tandasnya.

Di sisi lain, terkait THR bagi para tenaga harian lepas (THL) Pemprov Sulut hingga kini masih menunggu petunjuk dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



(LDS)