Jozeph Paul Zhang  (Foto: YouTube)
Jozeph Paul Zhang (Foto: YouTube)

Paul Zhang 10 Tahun Tinggal di Salatiga

Nasional media sosial wni polisi indonesia Penodaan Agama
Mustholih • 21 April 2021 14:00
Semarang: Pemilik akun Youtube Jozeph Paul Zhang yang diduga telah melakukan penodaan agama ternyata pernah menetap cukup lama di Salatiga, Jawa Tengah. Temuan ini terungkap berdasarkan penelusuran Kantor Imigrasi Kelas I Semarang yang pernah menerbitkan paspor kepada Paul Zhang sekitar empat tahun lalu.
 
"Yang bersangkutan pernah tinggal di Salatiga 10 tahun yang lalu. Tapi hanya menyewa rumah. Sekarang rumah itu dikontrak oleh orang lain," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Semarang, Doni Alfisyahrin, saat dikonfirmasi, Rabu, 21 April 2021.
 
Doni mengatakan Paul Zhang pernah mengajukan pembuatan paspor Kantor Imigrasi Semarang pada 19 April 2017. Ketika itu, Kantor Imigrasi tidak menemukan catatan kriminal Zhang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Benar yang bersangkutan pernah mengurus, memperoleh, mendapatkan paspor dari Kantor Imigrasi Semarang, dan masih berlaku hingga 2022. Bahkan waktu itu pelaku tidak masuk buronan," ujar Doni.
 
Baca juga: Sepekan Ramadan, Jumlah Pengguna KA Jarak Jauh Masih Stabil
 
Zhang, kata Doni, mampu melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat paspor, seperti akta lahir dan terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
 
"Setelah syarat terpenuhi, selanjutnya pemohon menjalani pengambilan foto dan wawancara oleh petugas kami. Dari wawancara itu, kami bisa tahu keabsahan pemohon ini WNA atau WNI," ungkapnya.
 
Namun, Doni mengaku tidak tahu negara yang dituju Zhang. Doni menambahkan Imigrasi Semarang baru melakukan penelusuran domisili Zhang setelah yang bersangkutan tersangkut kasus penodaan agama.
 
Doni menyatakan Imigrasi Semarang mendatangi alamat Zhang yang tertera dalam pengurusan izin paspor. Saat mengurus paspor, Zhang mengaku tinggal di Salatiga. "Setelah ditelusuri pelaku sudah lama tak menempati rumah tersebut," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif