KRL Yogyakarta-Solo (Foto: ANTARA/Eka AR)
KRL Yogyakarta-Solo (Foto: ANTARA/Eka AR)

Jokowi Ingin KRL Yogya-Solo Jadi Bagian Pengembangan Pariwisata

Nasional kereta api KRL presiden jokowi
Ahmad Mustaqim • 01 Maret 2021 13:40
Yogyakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki harapan besar pada operasional kereta rel listrik (KRL) Yogyakarta-Solo. Harapan itu mulai dari sektor ekonomi, wisata, hingga soal energi. 
 
"Harapan saya ini bisa membantu mobilisasi orang maupun barang dari Solo ke Yogyakarta dan sebaliknya," kata Jokowi, dalam peresmian KRL Yogyakarta-Solo di Stasiun Yogyakarta, Senin, 1 Maret 2021. 
 
Ia mengatakan, sarana transportasi itu juga diharapkan bisa menjadi bagian pengembangan sektor pariwisata. Dukungan itu bisa memberikan efek domino terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Jokowi menganggap KRL menjadi sarana transportasi massal yang ramah lingkungan. Menurut dia, ini harus diikuti dengan pengembangan moda transportasi lain berkonsep serupa. 
 
Baca juga: KRL Yogya-Solo Akan Jangkau Kutoarjo dan Madiun
 
"Transportasi ke depan harus mengarah transportasi massal yang ramah lingkungan. Demikian kendaraan-kendaraan lain ke depan ramah lingkungan, yaitu listrik," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, KRL juga menjadi pilihan transportasi umum yang lebih cepat dibandingkan kereta lokal sebelumnya; Prambanan Ekspres (Prameks). Selain itu, KRL juga dinilai lebih efisien. 
 
"Diberitahu KRL ini lebih cepat dibandingkan prameks, terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Biaya operasional juga lebih efisien," jelas dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif