Pedagang di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Pedagang di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Pedagang dan Jukir di Lokasi Wisata Diminta Tak 'Getok Harga'

Nasional UMKM libur panjang maulid nabi Cuti Bersama
Ahmad Mustaqim • 28 Oktober 2020 12:13
Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta pedagang hingga juru parkir di kawasan wisata, salah satunya Malioboro, jujur. Harga barang dan jasa diharapkan normal dan tidak nuthuk atau menaikkan harga dengan tak wajar.
 
“Kalau nuthukharga jelas kita sanksi. Kalau ada keluhan dan terbukti, kita hentikan sementara,” kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Haryadi memprediksi sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta dikunjungi banyak wisatawan selama libur panjang cuti bersama. Momen ini kerap dimanfaatkan pedagang nakal untuk 'menggetok harga'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia memastikan pemerintah dan Satpol PP akan melakukan pengawasan di setiap lokasi wisata. “Sanksinya bisa pencabutan izin usaha atau tindak pidana ringan,” tegasnya.
 
Baca juga:15 Ribu Kendaraan dari Palembang Diprediksi Menuju Lampung
 
Di sisi lain, Haryadi mengimbau wisatawan teliti sebelum membeli seperti memastikan harga barang atau jasa sebelum melakukan transaksi. Wisatawan juga perlu meminta bukti pembayaran dari penjual jika terkena ulah pedagang yang 'nuthuk'
 
“Tolong bagi yang dituthuk itu punya kwitansi atau tanda terima (sebagai bukti),” kata dia.
 
Haryadi juga telah meminta pedagang mencantumkan daftar harga untuk informasi kepada calon pembeli. Menurut dia, hal itu harus dipenuhi guna kenyamanan wisatawan saat menjelajahi Kota Gudeg.
 
“Juga ingat tetap patuhi penerapan protokol kesehatan. Kita melindungi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung,” jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif