Rilis kasus curanmor modus toko daring di Kota Malang, Jawa Timur. Foto: Medcom.id/Daviq Umar
Rilis kasus curanmor modus toko daring di Kota Malang, Jawa Timur. Foto: Medcom.id/Daviq Umar

Pelaku Curanmor Spesialis Toko Daring Dibekuk

Nasional pencurian
Daviq Umar Al Faruq • 04 November 2019 17:23
Malang: Polres Malang Kota menangkap tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) spesialis toko daring berinisial DA. Tersangka dibekuk setelah sepuluh kali beraksi.
 
Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander, mengatakan kasus curanmor yang dilakakukan DA adalah modus baru. Tersangka mengincar kendaraan yang sedang dijual secara daring.
 
"Setelah tersangka melihat iklan yang ada di media sosial, kemudian tersangka mendatangi rumah dari korban atau penjual kendaraan tersebut," katanya, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Modusnya, tersangka mengajak berbicara korban seakan tertarik membeli sembari melihat kondisi motor. Kemudian korban diminta memperlihatkan BPKB.
 
"Saat korban mengambil BPKB ke dalam rumah, tersangka membawa kabur motor tersebut," ungkapnya.
 
Tersangka DA telah beraksi sebanyak 10 kali di wilayah Kota Malang, di antaranya wilayah Kedungkandang, dan Blimbing. Polisi menyita barang bukti berupa empat unit sepeda motor.
 
"Sampai saat ini, tersangka bekerja sendiri, masih dalam tahap pengembangan dan penyidikan oleh tim kami. Empat unit kendaraan ini masih disimpan oleh tersangka, yang rencananya akan dijual," jelas Dony.
 
Tersangka ditangkap setelah polisi mendatangi TKP dan memeriksa CCTV. Setelah diketahui ciri-cirinya, tersangka ditangkap di kawasan Singosari.
 
Tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP. Tersangka diancam dengan pidana penjara kurang lebih 5 tahun. "Masyarakat diimbau untuk berhati-hati pada saat melakukan jual beli kendaraan bermotor," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif