Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait melihat peta kawasan salah satu lokasi calon ibu kota negara  di Gunung Mas, Kalteng. (ANT/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait melihat peta kawasan salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas, Kalteng. (ANT/Akbar Nugroho Gumay)

Tim Ekspedisi Petakan Daerah Calon Ibu Kota Negara

Nasional pemindahan ibukota
Antara • 27 Juni 2019 12:11
Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan membentuk tim ekspedisi, untuk memetakan kondisi daerah yang dicalonkan sebagai ibu kota negara. Sebanyak tiga daerah dicalonkan menjadi ibu kota negara yakni Kabupaten Gunung Mas dan Katingan serta Kota Palangka Raya.
 
"Tim ekspedisi ini rencananya kami bentuk untuk memetakan serta memantapkan potensi tiga wilayah yang merupakan calon ibu kota negara yang baru," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Sugianto menerangkan, pembentukan tim ekspedisi melibatkan TNI, Polri, perwakilan perguruan tinggi dan pihak terkait lainnya. Dia mengungkap, tim ekspedisi akan menelusuri tiga daerah calon ibu kota negara untuk mengumpulkan data perihal sejarah dan budaya, juga potensi sumber daya alam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi saat pemerintah pusat memerlukan suatu data, kami bisa langsung menyediakannya dengan perhitungan yang riil dan akurat. Bukan hanya perkiraan ataupun sepenggal-sepenggal," jelasnya.
 
Baca:Pemerintah Bangun Ibu Kota Baru Tanpa Utang
 
Dia menjelaskan, data dari tim ekspedisi akan melengkapi data yang dibutuhkan pemerintah untuk merancang program pembangunan daerah. Gubernur meminta pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan untuk mendukung kerja tim ekspedisi dengan menyiapkan data rinci mengenai wilayahnya.
 
"Pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan kota harus saling mengisi dan melengkapi. Hingga apa yang menjadi keperluan pemerintah pusat, tidak ditemukan kendala dalam upaya memenuhinya," ujarnya.
 
Sembari melakukan ekspedisi, Pemprov Kalteng juga mempersiapkan cetak biru. Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro untuk membantu Kalteng membuat cetak biru.
 
Kepemilikan cetak biru sangat diperlukan untuk mengetahui wilayah permukiman, perkantoran, infrastruktur, dan perekonomian sehingga tidak tumpang tindih.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif