Siswa SMA di Brebes, Jawa Tengah, sedang mengikuti ujian nasional. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Siswa SMA di Brebes, Jawa Tengah, sedang mengikuti ujian nasional. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Brebes Gelontorkan Rp10, 9 Miliar untuk Siswa Miskin

Nasional Anggaran Pendidikan
Kuntoro Tayubi • 03 Desember 2019 18:58
Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sudah mengucurkan Rp10,9 miliar untuk program bantuan dana pendidikan pada warganya, Bantuan tersebut disalurkan melalui program Bantuan Siswa Miskin (BSM), Bidik Misi dan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB).
 
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Tahroni, mengaku telah melaksanakan semua program unggulan bidang pendidikan melalui Dindikpora tersebut.
 
“Tiga program pendidikan unggulan seperti BSM sudah disalurkan sebanyak Rp2 miliar, bidik misi sebesar Rp7,5 miliar dan GKB sebesar Rp 1,4 miliar,” ungkapnya saat ditemui Medcom.id, Selasa, 3 Desember 2019, di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua anggaran, kata Tahroni, berasal dari anggaran murni APBD 2019. Tiga program tersebut dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Brebes.
 
Ada 800 mahasiswa yang mendapatkan bantuan program bidik misi di tahun anggaran 2019 ini. Jumlah tersebut, tersebar di 31 perguruan tinggi negeri dan swasta baik di wilayah Brebes maupun luar Brebes.
 
Setiap anak mendapatkan bantuan Rp2,5 juta selama setahun. Program Bidikmisi sudah berjalan sejak 2016 lalu. Sedangkan program BSM, sedikitnya ada 25 ribu siswa yang mendapatkan bantuan tersebut.
 
“Kalau BMS ada 25 ribu siswa yang mendapatkan bantuan ini yang tersebar di 149 sekolah. Mereka mendapatkan bantuan setiap tahun Rp300 ribu. Jumlah anggaran yang sudah kita kucurkan kucurkan sebesar Rp7,5 miliar,” kata Tahroni.
 
Sedangkan untuk program GKB, pihaknya tahun ini memberikan bantuan sebanyak 1.395 siswa. Dengan rincian, 296 siswa SD, 694 siswa SMP dan 405 siswa SMA/SMK/MA. Jumlah bantuan setiap tahun untuk siswa tingkat SD sebesar Rp800 ribu, SMP Rp1 juta dan SMA/SMK sebesar Rp1,4 juta. Total anggaran mencapai Rp1,4 miliar.
 
Tahun depan, Dindikpora masih menganggarkan tiga program pendidikan tersebut. Bantuan inidiharapkan ke depan mutu pendidikan di Kabupaten Brebes bisa terus meningkat. Apalagi, masih banyak anak-anak yang masih belum mengenyam minimal pendidikan dasar.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif