Bus Trans Jogja
Bus Trans Jogja

Dewan Usul Pemda Ganti Manajemen dan Dirut Trans Jogja

Nasional transportasi
Patricia Vicka • 03 Desember 2019 17:23
Yogyakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY mendorong Pemda DIY mengganti Direktur Utama (Dirut) dan jajaran management PT Anindya Mitra International (AMI) yang mengelola Trans Jogja (TJ). Desakan ini muncul buntut dari kecelakaan maut Trans Jogja dengan pengendara sepeda motor beberapa waktu lalu.
 
Ketua Komisi B Danang Wahyu Broto mengatakan usulan ini dilontarkan karena ia menilai pengelolaan Trans Jogja selama ini carut-marut.
 
" Kita usulkan Dirut dan semua manajemennya diganti. Atau sebaiknya Dirutnya mundur sebagai bentuk tanggung jawab pada masyarakat," tegas Danang di DPRD DIY Selasa, 3 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peristiwa kecelakaan kemarin, menurutnya adalah salah satu dampak dari ketidakberesan manajemen dalam mengelola TJ. Pihaknya juga kerap mendapat laporan pelayanan TJ yang buruk pada masyarakat.
 
Selain itu PT AMI dinilai tidak mampu mencetak profit yang memuaskan. Pendapatan perusahaan setiap tahun tidak sebanding dengan bantuan keuangan yang diberikan oleh Pemda melalui APBD.
 
"Saya prihatin PT AMI itukan BUMD. Dapat bantuan dana APBD untuk subsidi operational. Namun pengelolaan asetnya carut marut dan pendapatan mereka tidak optimal. Untuk itu perlu ada perubahan yang significant secara menyeluruh," katanya.
 
Usai perombakan dilakukan, Pemda diminta membuat manajemen baru yang berisi orang-orang yang ahli mengatasi permasalahan transportasi. dalam waktu dekat dewan akan mengadakan pertemuan dengan Pemda DIY untuk menyampaikan usul ini.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif