Wali Kota Tangerang Selatan bersama santri di Ponpes Al Amanah Al Bantani, Selasa, 22 Oktober 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama
Wali Kota Tangerang Selatan bersama santri di Ponpes Al Amanah Al Bantani, Selasa, 22 Oktober 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama

Airin Ingin Santri Dapat Pelajaran Pemrograman Komputer

Nasional santri
Farhan Dwitama • 22 Oktober 2019 17:52
Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan, menginisiasi santri cerdas modern dengan mulai mengajarkan bahasa pemrograman komputer atau coding dalam belajar mengajar santri di pesantren. Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, mengatakan hal tersebut di hadapan ribuan santri dan pengasuh Ponpes se-Tangerang Selatan.
 
"Kita akan coba anak-anak santri diajarkan coding, saya sudah minta ke Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika), kita punya anak-anak bertalenta di bidang informatika, sehingga mereka diberikan pelatihan coding," kata Airin di Ponpes Alanah Al Bantani, Selasa, 22 Oktober.
 
Airin menjelaskan dengan memasukan pelajaran komputer tambahan mengenai coding, para santri di Tangsel akan bisa membuat layanan aplikasi yang sesuai kebutuhan masyarakat umum dan masyarakat pesantren.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Airin negara tetangga seperti Singapura saja saat ini sudah mulai menanamkan bibit-bibit baru dengan mengajarkan coding. "Di Singapura saja anak-anak SD-nya sudah diajarkan coding dari kecil. Kita bisa mulai dari bakat-bakat santri dan satriwati kita," jelas Airin.
 
Untuk memulai hal tersebut menurut Airin akan diberlakukan uji coba di Pondok Pesantren milik KH Saidih, Darul Hikmah yang memilik Balai Latihan Kerja (BLK).
 
Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan, Rojak, mengatakan santri di Kota Tangerang Selatan memiliki ciri tersendiri yang berbeda dari santri di daerah lainnya.
 
"Tangsel kan daerah perkotaan, cirinya santrinya milenial, dari pergaulannya, pengetahuan, wawasannya, beda dengan Pandeglang, Lebak atau kota kabupaten lain. Jadi lebih atraktif, lebih cepat adaptasi dalam perkembangan zaman," kata Rojak.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif