Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Bupati Kulon Progo Ingatkan Kades Kelola Dana

Nasional dana desa
Ahmad Mustaqim • 06 Desember 2019 20:12
Kulon Progo: Bupati Kulon Progo Sutedjo mengaku prihatin atas kasus korupsi yang terjadi di Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo. Kasus itu dinilai jadi salah satu peringatan dan menjadi pelajaran untuk kepala desa lain.
 
"Semua harus menghormati proses hukum. Sebagai antisipasi, kami akan intensifkan pengawasan dan pembinaan perangkat desa," kata Sutedjo di Kulon Progo, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Sutedjo menjelaskan supaya para perangkat desa bisa mematuhi koridor hukum. Ia menyebut tak ada lagi alasan jajaran di bawahnya untuk mengabaikan peraturan dan hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Kasus korupsi di Desa Banguncipto) ini harus menjadi pemicu bagi semuanya, termasuk dalam hal ini para aparat pemerintah desa. Jangan sampai keluar dari regulasi atau peraturan yang ada," jelas Sutedjo.
 
Sutedjo pernah menyatakan inspektorat daerah selalu melakukan pengawasan setiap jengkal penggunaan dana desa di Kulon Progo. Desa Banguncipto menjadi salah satu fakta hasil adanya kejanggalan pelaporan yang diperiksa inspektorat.
 
"Inspektorat memang kita tugasi mengawasi supaya penggunaannya sesuai ketentuan. Bagaimana menggunakan dana desa sebaik-baiknya," ungkap Sutedjo.
 
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulon Progo terus mendalami kasus dugaan korupsi di Desa Banguncipto yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp1,150 miliar. Pihak Kejari telah menyita Rp227 juta dari Desa Banguncipto.
 
Selain itu, pihak Kejari masih mendalami hasil penyitaan dokumen, termasuk laporan pertanggungjawaban penggunaan dana Desa Banguncipto. Sebanyak 50 saksi juga telah diperiksa.
 
Pihak kejaksaan berharap bisa segera menyelesaikan proses pemberkasan itu dan melimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. "Diharapkan dalam waktu dekat bisa segera selesai," ujar Kepala Kejari Kulon Progo, Widagdo Mulyono Petrus.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif