Ilustrasi BPJS. Foto: ANT/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi BPJS. Foto: ANT/Aditya Pradana Putra

Tunggakan Klaim BPJS Kesehatan Kudus Capai Puluhan Miliar

Nasional BPJS Kesehatan
Rhobi Shani • 20 September 2019 13:00
Kudus: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Kudus, Jawa Tengah, memiliki tunggakan klaim hingga puluhan miliar. Rata-rata klaim pembayaran yang sudah dibayarkan sampai bulan April dan Mei. Sementara Klaim Juni hingga September belum dibayar.
 
Kepala BPJS Kesehatan cabang Kudus, Maya Susanti, menyampaikan ada 18 rumah sakit di Kabupaten Kudus, Jepara, dan Grobogan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan cabang Kudus. Klaim tiap rumah sakit tipe B setiap bulan rata-rata Rp8 miliar.
 
“Rumah sait tipe B ada dua. Rata-rata setiap bulan Rp8 miliar. Klaim rumah sakit tipe C dan D rata-rata tiap bulan mencapai Rp5 miliar. Total rumah sakit ada 18,” kata Maya saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 20 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditanya berapa jumlah klaim rumah sakit yang mesti dibayar BPJS, Maya mengatakan belum dapat menghitung. Tagihan klaim dari rumah sakit langsung dilaporkan ke BPJS Kesehatan. Sampai saat ini BPJS Kesehatan cabang Kudus belum tahu kapan bisa membayar klaim tagihan rumah sakit.
 
“Kami memang belum bisa bayar (pengajuan klaim), soalnya pembayaran itu dilakukan setelah ada dana dari pusat ke kami. Kalau tidak ada dana dari pusat untuk membayar klaim ya, tetap tidak bisa bayar," ungkap Maya.
 
Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan jumlah tunggakan klaim BPJS Kesehatan terhadap rumah sakit dan Puskesmas sebanyak lebih kurang Rp25 miliar. Pihaknya beharap BPJS Kesehatan segera membayar tunggakan klaim.
 
“Rinciannya berapa-berapa saya tidak tahu. Total kurang lebih Rp25 miliar. Meski begitu, kami minta kepada rumah sakit dan Puskesmas tetap memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat,” tandas Dian.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif