Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Foto: ANT/Rony Muharrman
Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Foto: ANT/Rony Muharrman

Presiden Pastikan Maksimal Memadamkan Karhutla

Nasional kabut asap Kebakaran Lahan dan Hutan
Marshalina Gita • 17 September 2019 10:27
Pekanbaru: Presiden Joko Widodo menegaskan telah melakukan segala upaya menghilangkan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Presiden Jokowi berada di Riau meninjau dua lokasi karhutla, yakni Desa Merbau, Meranti, Kepulauan Riau, dan Kampar, Riau.
 
"Segala upaya dan usaha sudah dilakukan, di darat sudah disemprot, pasukan juga sudah, saya perintahkan ditambah sudah datang, total 5.600 personel," ujar Presiden Jokowi di Riau, di Riau, Selasa, 17 September 2019.
 
Dia menerangkan salat meminta hujan pun sudah dilaksanakan pagi tadi, sebelum meninjau lokasi karhutla dan malam sebelumnya. Jokowi mengatakan segala perhitungan telah disiapkan menanggulangi karhutla.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini mau berangkat (membuat) hujan buatan. Meski Jumat lalu sudah (dilakukan) dan alhamdulillah di Indragiri Hilir, Riau, sudah turun hujan. Ini kita lakukan lagi menabur garam," terangnya.
 
Presiden mengungkap hari ini muncul potensi awan memicu turunnya hujan. Sehingga penaburan garam dilakukan untuk memodifikasi cuaca.
 
"Karena awannya ada, semoga nanti menjadi hujan hari ini. Water bombing sebanyak 52 pesawat. Artinya segala upaya sudah kita lakukan," tegas dia.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif