PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) melakukan program pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi covid-19. Dok. Istimewa
PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) melakukan program pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi covid-19. Dok. Istimewa

Memberdayakan Masyarakat di Tengah Pandemi

Nasional Virus Korona
Medcom • 19 Mei 2020 01:41
Pekanbaru: PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Tenayan, Pekanbaru, melakukan program pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi covid-19. Kegiatan masuk rangkaian program corporate social responsibility (CSR) perusahaan.
 
"Selain berkomitmen menjaga pasokan energi listrik bagi Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru, juga berkontribusi nyata dalam menjalankan program CSR untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit," kata Komisaris PJB Defy Indiyanto Budiarto di Pekanbaru, Senin, 18 Mei 2020.
 
Program pemberdayaan masyarakat ini fokus mewujudkan ketahanan pangan. Sejumlah kegiatan yang dilakukan antara lain ternak lele dan kambing, serta pemberiaan bibit cabai dan terong secara masal untuk kawasan urban di Pekanbaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program ini bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru," ujarnya.
 
Sejumlah kegiatan lain yang dilakukan yaitu usaha budidaya ternak cacing, pengembangan wisata kreatif taman bunga, dan dermaga wisata okura. Digelar juga pelatihan daur ulang sampah, perbaikan infrastruktur rumah ibadah, sarana olahraga, pendidikan, pengembangan posyandu, beasiswa lingkungan bagi sekolah dasar, serta dukungan kegiatan keagamaan di ring 1 PLTU Tenayan.
 
"Program ini telah mampu mewujudkan pengembangan sumber daya manusia, sekaligus penguatan ekonomi usaha kecil dan menengah bagi masyarakat di ring 1," ujarnya.
 
Baca: Belum Ada Pemda Ajukan Pencabutan PSBB
 
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, menyambut baik program yang telah berlangsung sejak 2015 ini. Secara khusus, ia memberikan penghargaan kepada anak perusahaan PT PLN (Persero) tersebut.
 
Menurut Firdaus, program ini bisa menolong perekonomian warga yang lesu dan kelangkaan ketersediaan bahan kebutuhan pokok, khususnya pangan. Program ini juga dinilai mampu mewujudkan pengembangan sumber daya manusia, sekaligus penguatan ekonomi usaha kecil dan menengah bagi masyarakat di sekitar PLTU Tenayan.
 
"Masyarakat binaan PJB Tenayan mampu menunjukkan kemandiriannya dalam hal penyediaan bahan pangan bagi para anggota kelompoknya," kata Firdaus.
 
Selain program CSR, PJB Tenayan juga membagikan 800 paket sembako untuk warga tidak mampu di sekitar PLTU Tenayan, dan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada Puskesmas di dekat PLTU Tenayan. Ada juga bantuan masker bagi anggota Polresta dan Kodim Pekanbaru, serta penyemprotan disinfektan di fasilitas umum Kelurahan Industri Tenayan.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif