Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

16 ABK Pelni Positif Covid-19

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 18 Mei 2020 05:37
Surabaya: Belasan anak buah kapal (ABK) milik PT Pelni dinyatakan positif terjangkit virus korona (covid-19). Hal ini membuat adanya klaster baru dari penyebaran virus korona di Jawa Timur.
 
"Hari ini ada penambahan klaster, yaitu klaster kapal," kata Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam, 17 Mei 2020.
 
Kepala Dishub Jatim, Nyono, menjelaskan ada 90 ABK Kapal Motor Penumpang (KMP) Awu milik PT Pelni yang menjalani rapid test. Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan setelah adanya salah seorang ABK yang terindikasi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari rapid test itu, ada 16 ABK dinyatakan reaktif atau positif, dan 74 orang sisanya negatif," kata Nyono.
 
Seluruh ABK yang positif tersebut dilakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR). Mereka pun kembali dinyatakan positif covid-19. "Jadi, 16 ABK yang positif sedang ditangani (menjalani perawatan di) RS PHC Surabaya, 74 orang yang negatif menjalani karantina mandiri di atas kapal," ujar dia.
 
Nyono menjelaskan posisi kapal yang menjadi tempat isolasi mandiri para ABK tersebut berada di tengah atau zona karantina. Karena sesuai standar operasional prosedur Kementerian Kelautan dan Perikanan, kapal yang bersandar tidak boleh ditinggal.
 
"Harus ada yang menunggu di kapal, sehingga 74 orang tadi karantina mandiri di kapal itu," ucap dia.
 
Baca: Pasien Sembuh Covid-19 di Jatim Jadi 337 Orang
 
Di samping itu, Nyono belum mengetahui awal mula para ABK tersebut terpapar covid-19. Tim tracing tengah melacak asal paparan virus tersebut.
 
"Kami belum tahu asa mulanya mereka terjangkitnya seperti apa. Tapi posisi kapal itu ngedok di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sudah sekitar semingguan," kata dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif