ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Khofifah Minta Polisi Selidiki Jual Beli Surat Keterangan Sehat

Nasional Virus Korona PSBB
Amaluddin • 15 Mei 2020 00:14
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta pihak kepolisian menyelidiki dugaan jual beli surat keterangan sehar covid-19. Khofifah tidak ingin adanya masalah baru selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
 
"Saya sudah minta tolong ke Pak Kapolda Jatim untuk memverifikasi bernar atau tidaknya perdagangan surat keterangan sehat itu. Supaya rumor itu benar apa tidak, hoaks apa tidak supaya clear. Jadi kita tunggu dulu (sikap Pemprov Jatim)," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis malam, 14 Mei 2020.
 
Baca: 9.773 Warga Surabaya Sudah di Rapid Test

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Nyono, menambahkan bahwa adanya rumor itu mempersulit petugas di lapangan untuk melakukan skrining kepada para calon penumpang tranportasi umum.
 
Nyono pun mengaku telah menyampaikan rumor itu ke Dirjen Perjuangan Darat (Kemenhub). "Ini membuat aparat di daerah semakin sulit untuk melakukan pengendalian," kata Nyono.
 
Nyono menjelaskan tidak semua orang bisa menggunakan layanan transportasi umum selama Pandemi Covid-19, karena harus mempunyai surat tugas, baik itu ASN maupun TNI/Polri. Selain itu, calon penumpang juga harus mempunyai surat keterangan negatif covid-19, untuk memastikan semua penumpang sehat.
 
"Sementara adanya rumor itu, membuat kondisi di lapangan semakin bias, dan mempersulit aparat kita untuk melakukan pemeriksaan," ujarn Nyono.
 
Sebelumnya media sosial diramaikan dengan beredarnya potongan layar surat sehat dari covid-19 yang diperdagangkan bebas di platform belanja online.
 
Dalam situs belanja online tersebut, tertulis judul gambar ‘surat sehat bebas covid’ disertai harga sebesar Rp 70 ribu. Dalam surat tersebut mencamtumkan contoh surat lengkap dengan logo dan stempel salah satu rumah sakit swasta di Serpong, Tangerang.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif