NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemprov Papua Tak Lagi Rekrut Tenaga Honorer

Nasional tenaga honorer
Roylinus Ratumakin • 03 Februari 2020 19:10
Jayapura: Surat keputusan penghapusan tenaga honorer sudah diterima Pemerintah Provinsi Papua dari Pemerintah Pusat. Atas keputusan itu, Pemprov tak lagi merekrut tenaga honorer.
 
“Mulai tahun ini (2020) dan seterusnya tidak ada lagi yang namanya tenaga honorer di instansi pemerintah Papua,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua Nicholaus Wenda, di Jayapura, Senin, 3 Februari 2020.
 
Wenda mengaku telah menawarkan ribuan tenaga honorer tersebut menjadi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K). Namun, tawaran itu ditolak oleh sejumlah tenaga honorer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Alasan para tenaga honorer tidak mau direkrut sebagai P3K karena ada bahasa ‘anak tiri dan anak emas’. Intinya kita sudah berkali-kali sampaikan, hanya bisa diakomodasi lewat P3K. Sekarang dengan sudah diterbitkan keputusan honorer tidak akan diterima lagi. Saya harap mereka bisa menerima pengangkatan lewat P3K,” ujarnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyebut tak ada lagi perekrutan tenaga honorer. Hal itu merujuk kesepakatan Kemenpan RB dengan Komisi II DPR, Senin, 20 Januari 2020.
 
Tjahjo menuturkan kementerian atau lembaga yang ingin merekrut tenaga honorer perlu membuat anggaran gaji honorer. Anggaran yang dibuat harus melewati persetujuan Kemenpan RB, Kementerian Keuangan dan instansi terkait.
 
Perekrutan tenaga honorer, kata dia, dipastikan tak akan berhasil mengingat harus melewati penganggaran itu. Sebab, Kemenpan RB tak mengalokasikan anggaran untuk perekrutan tenaga honorer baru.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif