ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Muara Enim dan Palembang Jadi Zona Merah Covid-19

Nasional Virus Korona
Antara • 13 Agustus 2020 17:17
Palembang: Kota Palembang dan Kabupaten Muara Enim menjadi zona merah atau wilayah risiko tinggi covid-19 di Sumatra Selatan. Tim ahli akan mengadakan rapat untuk membahas penanganan di wilayah setempat.
 
"Besok kami akan rapat kembali, apalagi terkait sektor pendidikan di mana banyak pemberitaan munculnya kluster-kluster di sekolah," kata anggota tim ahli penanganan covid-19 Sumsel bidang epidemiologi, Iche Andriani Liberty, di Palembang, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Baca: Jatim Uji Coba Tatap Muka Belajar SMA/SMK 18 Agustus

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya Kota Palembang berstatus zona oranye per 2 Agustus berdasarkan zonasi Satgas Penanganan Covid-19 pusat, namun kembali ke zona merah per 9 Agustus dengan total kasus positif 2.402 orang.
 
Sementara Kabupaten Muara Enim untuk pertama kalinya menjadi zona merah covid-19 meskipun total kasusnya tercatat 226 orang atau hanya enam persen dari keseluruhan kasus di Sumsel per 12 Agustus, yakni 3.735 orang.
 
Selain dari penilaian 14 indikator dalam penentuan zona merah tersebut, adanya relaksasi kegiatan masyarakat turut berkontribusi dalam peningkatan kasus, terutama jika melihat 60 persen kasus positif merupakan asimptomatik atau tanpa gejala.
 
"Sesuai pedoman revisi peraturan dari pemerintah maka kasus asimptomatik hanya perlu isolasi mandiri, nah kepastian kepatuhan isolasi mandiri itu yang sangat dipertanyakan," jelas Iche.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif