Bupati Banyumas, Achmad Husein, di Pendopo Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis, 29 Juli 2021. ANTARA/Sumarwoto
Bupati Banyumas, Achmad Husein, di Pendopo Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis, 29 Juli 2021. ANTARA/Sumarwoto

Pemkab Banyumas Akan Dirikan Pabrik Oksigen Skala Kecil

Nasional pandemi covid-19 vaksin covid-19 protokol kesehatan PPKM Darurat
Antara • 29 Juli 2021 14:00
Purwokerto: Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berencana mendirikan pabrik oksigen skala kecil untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dalam menangani pasien covid-19.
 
"Kami akan mendirikan pabrik oksigen (skala) kecil, namanya oxygen generator yang produksinya satu hari hanya 150 tabung. Tapi ini baru diusulkan," kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, seusai rapat koordinasi penanganan covid-19 di Pendopo Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis, 29 Juli 2021.
 
Baca: Waduh, Stok Vaksin Covid-19 di Aceh Hanya untuk Cukup 2 Hari Lagi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Husein mengatakan persediaan alat produksi oksigen tersebut tersedia di pabriknya. Jika dua hari bisa didatangkan, pihaknya akan menyampaikan ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Banyumas untuk bersama-sama mencari solusi pengadaan.
 
Hal itu disebabkan Pemkab Banyumas tidak memiliki anggaran untuk membeli alat yang sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien covid-19.
 
"Tigak ada duitnya, makanya saya lagi (upayakan), yang penting kita mau menyelamatkan atau tidak. Nanti kita pinjam dulu atau bagaimana, yang penting harganya benar-benar tidak ada permainan, betul-betul itu sah, tidak ada masalah, ini baru saya berani," jelasnya.
 
Oleh karena itu, kata dia, rencana pembangunan pabrik oksigen tersebut baru sebatas usulan. Kendati demikian dia mengatakan jika alat pemroduksi oksigen tersebut dapat diupayakan, pembangunan pabriknya bisa segera dilakukan dalam waktu cepat.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif