ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Gunung Merapi Alami 8 Kali Guguran

Nasional gunung merapi gunung meletus erupsi gunung
Ahmad Mustaqim • 04 Desember 2020 10:28
Yogyakarta: Gunung Merapi mengalami berulang kali guguran pada Kamis, 3 Desember 2020. Jumlah kegempaan masih stabil tinggi. 
 
"Terdengar delapan kali guguran dari Pos Babadan kemarin. Guguran tidak tampak karena cuaca berkabut," kata petugas pemantauan Gunung Merapi di Pos Ngepos Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Azwar Nurmanaji pada Jumat, 4 Desember 2020. 
 
Azwar mengatakan, jaringan seismik pemantauan gunung tersebut menunjukkan kegempaan terjadi puluhan kali. Ia menyebut gempa guguran terdeteksi 50 kali. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, gempa embusan terjadi 29 kali, gempa fase banyak terjadi 264 kali, gempa vulkanik dangkal 35 kali, dan gempa low frekuensi terjadi sekali. 
 
"Penggembungan tubuh gunung atau deformasi sebesar 11 sentimeter per hari. Sama seperti hari sebelumnya," kata dia.
 
Baca: BNPB Minta Jalur Evakuasi di Gunung Semeru Segera Dibangun
 
Azwar mengatakan, jumlah kegempaan terbilang rendah dari hari sebelumnya. Data hasil pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembanban Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), menunjukkan kegempaan terkadang menurun dan bisa berubah jadi tinggi. 
 
Ia menambahkan, aktivitas vulkanik di Gunung Merapi masih tinggi. Pihaknya mengingatkan kembali erupsi dapat terjadi sewaktu-waktu. 
 
"Masyarakat diimbau menghindari daerah bahaya yg ditetapkan serta mengikuti informasi aktivitas Merapi dari BPPTKG. Masyarakat mengikuti arahan dan petunjuk pemerintah setempat dan BPBD," ujarnya. 
 
BPPTKG telah mencatatan sumber tekanan magma kian mendekati puncak. Magma yang terdorong ke puncah dan menjadi kubah lava ini akan menjadi bagian material saat terjadi erupsi. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif