Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Medcom.id/ahmad mustaqim
Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Medcom.id/ahmad mustaqim

DIY Siapkan Shelter Tambahan untuk Pasien Covid-19

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Ahmad Mustaqim • 23 November 2020 17:04
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan shelter tambahan menyusul peningkatan kasus konfirmasi positif covid-19. Jumlah kasus di DIY melampaui 5.000 usai libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada akhir Oktober 2020. 
 
"Kalau (penambahan shelter) diperlukan, kita lakukan," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin, 23 November 2020.
 
Menurut data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah DIY, terjadi peningkatan signifikan angka kasus setelah libur panjang akhir Oktober. Rinciannya, 77 kasus pada 22 November, 56 kasus (21 November), 68 kasus (20 November), 108 kasus (19 November), 153 kasus (18 November), 90 kasus (17 November), 67 kasus (16 November), dan 7 Kasus (15 November).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski kini DIY jadi zona merah, Kadarmanta menilai, masih ada wilayah tingkat kecamatan yang berstatus zona oranye dan kuning. Menurut dia, upaya antisipasi akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan.
 
Baca: 7 Provinsi Minim Penambahan Kasus Covid-19
 
"Seperti operasi penegakan hukum. Ada kecenderungan masyarakat mulai lalai menjalankan prokes (protokol kesehatan). Kita cek kesiapan shelter dan rumah sakit besok. Kita akan rapatkan bersama pihak rumah sakit," ungkapnya.
 
Dia menerangkan, antisipasi tak sekadar penambahan tempat tidur di rumah sakit, namun juga menambahkan tenaga kesehatan. Penambahan tenaga kesehatan masih jadi problem dan akan dibahas lebih lanjut.
 
Kepala Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi, mengatakan pasien covid-19 di Asrama Haji Jalan Padjadjaran Yogyakarta sebagian telah dinyatakan sembuh. Sebanyak 27 orang dinyatakan sembuh pada Sabtu, 21 November 2020.
 
Sementara, shelter untuk merawat pasien covid-19 di Rumah Susun Gemawang Sleman masih diisi 70 orang. Sedangkan kapasitas shelter untuk 74 pasien.
 
"Total pasien yang dirawat di shelter (Rumah Susun Gemawang dan Asrama Haji) sebanyak 99 orang. Tapi kami tidak bisa memperkirakan penambahan (kasus) akan sebanyak apa," katanya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif