Situasi Terkini Pasca Longsor di Kompleks gunung mas RT 02 RW 02, Desa Tugu selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. medcom/Rizky
Situasi Terkini Pasca Longsor di Kompleks gunung mas RT 02 RW 02, Desa Tugu selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. medcom/Rizky

Gemuruh Mengawali Peristiwa Longsor di Bogor

Nasional longsor banjir bandang tanah longsor bencana alam
Rizky Dewantara • 19 Januari 2021 15:01
Bogor: Terdengar suara gemuruh sebelum bencana tanah longsor terjadi di Kompleks Gunung Mas RT 02 RW 02, Desa Tugu selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada pukul 09.00 WIB.
 
"Sebelum longsor terjadi di sekitar Sungai Cisampai terdengar suara gemuruh. Kemudian warga mengumumkan di masjid untuk semua warga di RT 02 agar meninggalkan rumah," ujar Bambang Adriansyah, 32, warga Kompleks Gunung Mas, di lokasi.
 
Lebih lanjut, longsor terjadi empat kali. Pertama pada pukul 09.00 WIB, kemudian 09.15 WIB, lalu longsor ketiga terjadi pukul 09,45 WIB, dan yang terakhir pukul 12.30 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Warga Hilang Terseret Longsor, Wali Kota Malang Salahkan Pengembang
 
"Sejak pengumuman longsor yang diumumkan di masjid, alhamdulillah warga setempat sudah mengosongkan rumahnya dan mengungsi di Wisma Agro Wisata Gunung Mas," kata dia.
 
Bambang menambahkan, longsor yang terjadi memang tidak sekaligus besar karena di sekitar lokasi masih terdapat pohon-pohon besar yang menahan batu longsor. Namun untuk beberapa waktu kemudian pepohonan tak mampu lagi menahan beban longsor.
 
"Alhasil longsor besar terjadi dan menghancurkan tiga rumah dan satu warung," tambahnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif