Lalu lintas kendaraan di Simpang Gadong, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Medcom.id/Rizky Dewantara
Lalu lintas kendaraan di Simpang Gadong, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Medcom.id/Rizky Dewantara

Ke Puncak Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Tes Covid-19 Negatif

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru protokol kesehatan
Rizky Dewantara • 24 Desember 2020 10:23
 Bogor: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan memperketat kunjungan wisatawan yang hendak merayakan libur Natal dan tahun baru 2021 di kawasan Puncak Bogor dan objek wisata lainnya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wisatawan wajib menunjukkan hasil negatif covid-19.
 
"Setiap wisatawan yang akan berkunjung ke Puncak Bogor atau tempat wisata lainnya di Kabupaten Bogor harus bisa menunjukkan hasil tes cepat antigen atau tes usap. Bagi yang tidak bisa menunjukkan akan diminta putar balik ke tempat asalnya," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, Kamis, 24 Desember 2020.
 
Pemkab Bogor terus mematangkan persiapan menghadapi libur panjang akhir tahun. Pihaknya meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor untuk  menyosialisasikan peraturan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya minta kepada Disbudpar dan Diskominfo Kabupaten Bogor untuk masif memberikan informasi terkait peraturan bagi wisatawan yang akan datang ke Bogor," tegasnya.
 
Baca: Wisatawan ke Kota Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Tes Antigen Negatif
 
Sementara itu, kata dia, wisatawan yang sudah memesan hotel dari jauh hari namun tak membawa hasil tes antigen tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan. Bila terjaring di pos pengawasan, wisatawan diminta kembali ke daerah asal.
 
"Jika tidak wisatawan tidak bisa menunjukkan hasil tes antigen atau tes usap di posko Simpang Gadog, kami akan perintahkan mereka untuk diputar balik," kata Burhanudin.
 
Pihaknya telah menyiapkan sembilan pos pemeriksaan. Yakni di Simpang Gadog, Pasar Cisarua, Gunung Mas, Rindu Alam, Gor Pakansari, Gunung Salak Endah, Gunung Bunder, Cileungsi Mekarsari, dan Sukamakmur.
 
"Dengan menempatkan sembilan posko pengamanan sekaligus posko covid-19. Petugas akan menjaring wisatawan yang hendak menuju ke tempat objek wisata di Kabupaten Bogor," papar dia.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif