gubernur jawa barat, ridwan kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan
gubernur jawa barat, ridwan kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Ridwan Kamil Buka Peluang Kembali Menjadi Gubernur

Roni Kurniawan • 26 September 2022 16:33
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tidak menutup kemungkinan akan melanjutkan karirnya dua periode sebagai kepala daerah provinsi. Bahkan Ridwan Kamil memberi sinyal akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti di luar Jawa Barat.
 
Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, pintu pilihan politiknya masih terbuka lebar untuk bertarung di Pemilu 2024. Emil pun tak menutup diri dan tidak hanya akan maju di Pilkada DKI Jakarta, melainkan di beberapa daerah lainnya yang berpotensi untuk bisa dimenangkan.
 
"Ada tiga (pintu politik), Jawa Barat, DKI (Jakarta), nasional juga bisa terjadi dinamika. Jadi jawaban itu terjadi di detik-detik terakhir, enggak bisa jauh-jauh hari. Kan bisa saja saya ke gubernur di Indonesia timur kan bisa, jadi enggak hanya DKI kalau melihat apakah periode kedua gubernur mau dimana?" kata Emil di Kota Bandung, Senin, 26 September 2022.
 
Baca: Ridwan Kamil Tegaskan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi Haji

Emil menjelaskan dinamika politik bisa berubah terutama menjelang akhir pendaftaran baik itu untuk pilpres ataupun pilkada. Bahkan Emil pun tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan dua periode di Jabar untuk karir politiknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bisa Jawa Barat lagi bisa provinsi-provinsi lain. Menurut aturan pemilu kan boleh boleh saja," jelasnya.
 
Sementara Emil mengaku saat ini belum ada tawaran dari partai politik terkait Pemilu 2024 nanti. Emil pun tak bisa mengungkapkan terkait karir politik selanjutya dan lebih memilih menentukan pada akhir menjelang pendaftaran seperti saat Pilgub Jabar 2018 maju bersama politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yakni Uu Ruzhanul Ulum.
 
"Kan belum ada tawaran, itu mah orang memperbincangkan bahwa seorang Ridwan Kamil pilihannya banyak, kira-kira begitu. Mana yang dipilih oleh seorang Ridwan Kamil, tidak bisa dijawab sekarang. Pengalaman saya menjelang-menjelang, ada dinamika yang perlu dicermati dulu," ujarnya.
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif