Wali Kota Malang, Sutiaji, meninjau pipa air milik Perumda Tugu Tirta Kota Malang di Desa Pulungdowo, Kecamatam Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa malam, 14 Januari 2020. Foto/ Pemkot Malang
Wali Kota Malang, Sutiaji, meninjau pipa air milik Perumda Tugu Tirta Kota Malang di Desa Pulungdowo, Kecamatam Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa malam, 14 Januari 2020. Foto/ Pemkot Malang

Kota Malang Kesulitan Air Bersih karena Pipa Bocor

Nasional krisis air bersih
Daviq Umar Al Faruq • 14 Januari 2020 12:03
Malang: Pipa air milik Perumda Tugu Tirta Kota Malang (sebelumnya bernama PDAM Kota Malang) di Desa Pulungdowo, Kecamatam Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengalami kebocoran sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya puluhan ribu masyarakat Kota Malang terdampak krisis air bersih.
 
Sejumlah warga di Perumahan City Side, Gadang, Kota Malang, harus rela antri untuk mendapatkan air bersih setelah beberapa hari terakhir air tidak mengalir. Wali Kota Malang, Sutiaji, langsung melakukan peninjauan ke lokasi pipa bocor pada Senin, 13 Januari 2020 malam.
 
"Ini adalah murni teknis dan sudah direkayasa berkali-kali namun belum ketemu solusi. Maka kami sudah minta ke Perumda Tugu Tirta untuk mengajukan lagi ke Kementerian PU dan Balai untuk mendapatkan bantuan," kata Sutiaji di Malang, Selasa, 14 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya Sutiaji mengaku pihaknya bakal segera mengoperasikan sebanyak 20 mobil tangki air. Puluhan mobil tangki ini nantinya disebar untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi para warga yang terdampak.
 
"Tentu kami mohon maaf kepada semua pelanggan, kami sudah merespon cepat dan minta segara dioperasikan bantuan air ke warga," ungkapnya.
 
Sementara Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang, Nor Mukhlas, mengatakan pipa bocor ini terjadi akibat tekanan debit air lebih tinggi ketimbanh kemampuan penampang pipa yang terlewati. Oleh karena itu, untuk menghindari kebocoran dan kerusakan yang lebih parah, perlu dilakukan penurunan aliran debit air.
 
"Dan itu berdampak kepada beberapa titik pelanggan. Selain itu, saat upaya untuk menormalisasi pasokan air, ternyata pompa tak mampu sehingga terjadilah kebocoran hingga luapan air memenuhi jalan dan lokasi sekitar," kata Mukhlas.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif