Pakar lingkungan hidup Tasdiyantoro Rohadi. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Pakar lingkungan hidup Tasdiyantoro Rohadi. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Pemindahan Ibu Kota Diprediksi Mengurangi Karhutla di Kalimantan

Nasional kebakaran hutan Kebakaran Lahan dan Hutan Ibu Kota Baru
Patricia Vicka • 21 September 2019 22:00
Yogyakarta: Pemindahan ibukota ke Kabupaten Penajam Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dinilai mampu mengurangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Kalimantan. Pasalnya, pemerintah akan lebih tanggap untuk mencegah kebakaran hutan terjadi di sekitar ibu kota.
 
"Saya yakin Pemda dan Pempus akan lebih fokus jaga ibu kota dari kebakaran hutan dan lahan. Sehingga Karhutla di Kalimantan bisa semkin mudah terkontrol dan tertangani," ujar Pakar lingkungan hidup Tasdiyantoro Rohadi dalam bincang pers di Yogyakarta, Sabtu, 21 September 2019.
 
Ia menyarankan agar pemerintah menyusun perencanaan penanganan kebakaran hutan di ibukota sejak sekarang . Segala solusi dan pencegahan yang dibuat harus efektif menekan dampak negatif karhutla.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satunya adalah dengan membangun ibukota berwawasan ramah lingkungan," kata Ketua Umum Perkumpulan Profesional Lingkungan ini.
 
Pemerintah juga diminta untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya pembakaran lahan. Ia menilai budaya masyarakat yang membakar lahan untuk membuka perkebunan sudah tidak relevan di zaman sekarang.
 
Pasalnya berdasarkann penelitian kebakaran hutan dan lahan 90 persen disebabkan oleh budaya pembakaran lahan untuk membuka perkebunan atau berladang. Selain itu pemerintah diminta untuk membangun banyak kanal dan parit di sekitar wilayah gambut di ibu kota baru. Kanal dan parit tersebut berfungsi untuk mempertahankan kadar air di dalam tanah gambut.
 
"Tanah gambut jangan sampai kering. kalau kering dia mudah terbakar. maka kanal dan parit dibangun untuk mempertahankan kadar air dalam tanah gambut," kata dia.
 
Terakhir pemerintah diminta untuk mengedukasi petugas di lapangan langkah-langkah yang efektif memadamkan kebakaran hutan dan lahan.
 
"Pemerintah juga perlu meningkatkan patroli petugas dikawasan yang rawan kebakaran. Untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan,"pungkasnya.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif