ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

RS Dilarang Tolak Pasien DBD

Nasional demam berdarah
Mulyadi Pontororing • 24 Januari 2019 14:38
Manado: Kota Manado menjadi kota terbanyak penderita demam berdarah dengue (DBD) dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara.
 
Data Dinas Kesehatan Sulawesi Utara menyebutkan sekitar 300 penderita terdapat di Manado dari 772 penderita yang tersebar di Sulut. Dari ratusan kasus di Manado itu, tujuh di antaranya meninggal dunia.
 
Terkait itu, Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan meminta pihak rumah sakit melayani pasien dengan baik dan tidak tebang pilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami meminta rumah sakit agar merawat seluruh pasien DBD dirawat dengan baik. Jangan sampai terlantar dengan alasan apapun," kata Dominus, Kamis, 24 Januari 2019, di Balai Kota Manado.
 
Dominus juga meminta agar rumah sakit segera berkoordinasi dengan pemerintah kota jika mendapati pasien yang kurang mampu.
 
"Rawat saja dulu secara intens hingga sembuh. Jangan sampai dipulangkan untuk pasien yang kurang mampu, nanti koordinasikan dengan kami (solusinya)," ujarnya.
 
Senada, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulut Steaven Dandel menegaskan pihaknya terus memastikan seluruh pasien DBD di rumah sakit bisa terlayani dengan baik.
 
"Kami terus memantau agar seluruh pasien tidak ada yang ditolak. Semuanya harus dilayani. Dan syukur, sejauh pamantauan kami, tidak ada yang ditolak. Semua diterima," katanya.
 
Terkait dengan sejumlah rumah sakit yang dikabarkan penuh, menurut Steaven lantaran efek dari kekhawatiran masyarakat akan dampak DBD.
 
"Jadi banyak masyarakat yang langsung membawa keluarganya sebelum adanya laporan laboratorium yang menyatakan yang bersangkutan positif DBD. Mereka lebih memilih aman. Yang berakibat rumah sakit pun penuh," bebernya.
 
Namun menurutnya, hal itu wajar dan cukup baik untuk menghindari tingkat fatalitas kematian penderita DBD. "Kita juga memastikan fasilitas tersedia. Tidak ada kekurangan di rumah sakit yang merawat pasien DBD. Seperti kebutuhan, darah, oralit, cairan maupun alat dan fasilitas lainnya kita selalu pastikan ketersediaannya," pungkasnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif