Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Sakit Sepulang dari Malaysia, Warga Kepulauan Tanimbar Dikarantina

Nasional Virus Korona
Antara, Medcom • 14 Februari 2020 13:32
Ambon: Seorang warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, dikarantina di RSUD Magrety Saumlaki.Dia diobservasilantaran sakit setelah pulang dari Malaysia.
 
"Warga yang diketahui bernama Benedictus Ngilawayan, 19, itu ketika datang ke Saumlaki masih dalam kondisi sehat. Hanya saja yang bersangkutan baru tiba dari luar negeri, jadi harus diperiksa dan menjalani karantina," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Kepulauan Tanimbar, Edwin Tomasoa Kamis, 14 Februari 2020.
 
Benediktus baru kembali dari luar negeri dan masuk Jakarta melalui Malaysia kemudian meneruskan perjalanannya ke Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Edwin, Benediktus sempat pulang ke kampung halamannya di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, pada Jumat, 7 Februari dan dalam kondisi sehat.
 
Namun, setelah mendapat informasi dia sakit, sesuai aturan, tim medis dari RSUD Magrety dan puskesmas setempat menjalankan tugasnya mengambil sejumlah langkah antara lain melakukan pemeriksaan medis dengan cara mengambil lendir pasien.
 
Sementara itu Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon mengatakan saat ini pasien dalam keadaan stabil dan membaik. Sampel kata Petrus akan dikirim ke Jakarta.
 
"Hasilnya akan diketahui 3-5 hari kemudian," ujar Petrus kepada Medcom.id.
 
Selain itu kata Petrus, pihaknya juga akan mengarantina di RS untuk mengurangi keluarnya virus ke luar. Karantina juga dilakukan di rumah pasien agar bisa melokalisasi luasnya penyebaran virus.
 
"Hasil rapat koordinasi tadi pagi, kita juga membentuk satgas, dan informasi yang keluar satu pintu," ujar Petrus.
 
Pertus berharap, Benediktus negatif terpapar virus korona. "Iya sambil menunggu hasil pemeriksaan lab dari Jakarta. Info ini masih dugaan saja dan kita berharap negatif," kata dia.
 

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif