Pelaksanaan Shalat Jum'at di salah satu masjid di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. (ANTARA/Ogen)
Pelaksanaan Shalat Jum'at di salah satu masjid di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. (ANTARA/Ogen)

Provinsi Kepri Memasuki New Normal

Nasional Virus Korona New Normal
Antara • 30 Mei 2020 08:25
Tanjungpinang: Provinsi Kepulauan Riau mulai memasuki fase new normal dengan memberikan kelonggaran di tempat-tempat ibadah, seperti masjid. Pantauan pada Jumat, 29 Mei 2020, hampir seluruh masjid di pusat ibu kota Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang, sudah melaksanakan saalat Jumat perdana setelah sempat terhenti beberapa pekan imbas covid-19.
 
Dari beberapa masjid yang diamati, terpantau pelaksanaan salat mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19. Antara lain jemaah mengenakan masker dan membawa sajadah dari rumah masing-masing.
 
Sedangkan pihak masjid menyiapkan sabun cuci tangan/hand sanitizer serta mengatur jarak saf untuk meminimalkan risiko penularan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perihal poin-poin dari protokol pelaksanaan ibadah nantinya akan kami sebar ke masjid-masjid, agar mempermudah para jemaah nantinya," kata Juru Bicara Covid-19 Provinsi Kepri, Arif Fadillah, saat dikonfirmasi, Sabtu, 30 Mei 2020.
 
Baca: Pemprov Bantah Oper Mobil Laboratorium ke Daerah Luar Surabaya
 
Gugus Tugas juga menyerahkan bantuan masker dan hand sanitizer kepada Gugus Tugas Kabupaten/Kota serta untuk rumah-rumah ibadah guna menekan penyebaran covid-19.
 
Untuk rumah ibadah di Kota Tanjungpinang, secara simbolis diberikan kepada 51 rumah ibadah dengan rincian 47 masjid, 1 rumah ibadah agama Katholik, 1 rumah ibadah agama Protestan, 1 rumah ibadah Budha, 1 rumah ibadah Konghucu.
 
Tingkatkan kedisplinan
 
Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Provinsi Kepri, Isdianto, meminta masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kedisiplinan dianggap menjadi kunci dalam menerapkan fase new normal.
 
Menurutnya dalam menerapkan tatanan baru itu masyarakat tidak hanya diminta disiplin menjaga jarak, tapi juga selalu membawa dan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan makin menjaga kebersihan karena secara bertahap seluruh aktivitas akan dibuka kembali.
 
"Di situlah kita akan memasuki era baru, pola kehidupan baru yang makin membaik dari sebelumnya. Meski semua sudah diperbolehkan nantinya bergerak, tapi tetap patuhi betul protokol kesehatan, atau akan dikenakan sanksi jika tidak juga diterapkan," ujar Isdiano.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif