Prajurit TNI Kodam Iskandar Muda menyemprot  cairan disinfektan di  jalan-jalan pusat keramaian dan padat lalu lintas di Banda Aceh, Aceh, Jumat, 27 Maret 2020. Foto: Antara/Irwansyah Putra
Prajurit TNI Kodam Iskandar Muda menyemprot cairan disinfektan di jalan-jalan pusat keramaian dan padat lalu lintas di Banda Aceh, Aceh, Jumat, 27 Maret 2020. Foto: Antara/Irwansyah Putra

Banda Aceh Segera Terapkan Local Lockdown

Nasional Virus Korona
Fajri Fatmawati • 29 Maret 2020 01:02
Banda Aceh: Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh berencana menerapkan karantina wilayah. Kebijakan ini diambil setelah ada dua pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan positif tertular virus korona (covid-19).
 
"Kota Banda Aceh akan memberlakukan partial lockdown atau lockdown lokal, terutama kawasan tempat tinggal pasien dan terpapar covid-19, serta kawasan yang sudah terdata orang dalam pemantauan (ODP)," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, di Aceh, Sabtu, 28 Maret 2020.
 
Keputusan ini diambil dalam pertemuan Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, dengan Aminullah Usman pada Jumat, 27 Maret 2020, malam. Pemerintah Kota (Pemkot) menyepakati beberapa poin terkait keselamatan 265 ribu warganya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemkot akan segera menyurati Pemerintah Aceh agar Kota Banda Aceh dapat diberlakukan lockdown serta mengusulkan lockdown untuk wilayah Provinsi Aceh," ujar Aminullah Usman.
 
Pemkot Banda Aceh meminta Pemerintah Provinsi menutup Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM). Pasalnya, kata dia, setiap harinya ada ratusan penumpang dari Jakarta yang tengah dilanda wabah korona.
 
"Artinya setiap hari ada puluhan atau mungkin ratusan orang dalam pemantauan (ODP) yang masuk ke Kota Banda Aceh atau menyebar ke seluruh Aceh," ujar Aminullah Usman.
 
Pemkot juga meminta Pemerintah Aceh mendesak Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan agar Terminal Tipe A Batoh ditutup. Aminullah Usman menyoroti bus yang datang dari dan menuju Medan, Sumatra Utara.
 
Banda Aceh Segera Terapkan <i>Local Lockdown</i>
 
Baca: Pemerintah Didesak Terbitkan Aturan Main Karantina Wilayah
 
"Bus angkutan barang akan diperiksa secara selektif dengan melibatkan pihak terkait dan pihak keamanan. Pintu masuk dari Pelabuhan Ulee Lheue akan diperketat pengawasannya, terutama untuk orang asing. Kemudian pengawasan terhadap orang yang masuk melalui Terminal L300 di Lueng Bata juga akan diperketat," jelas dia.
 
Tim Siaga Bersama Penanggulangan Covid-19 Kota Banda Aceh diminta segera bergerak cepat. Pemetaan dampak pemberlakuan local lockdown dari sisi ekonomi, sosial, keamanan, dan sebagainya, perlu disiapkan.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif