ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Sejumlah Wilayah Jateng Selatan Berstatus Waspada Kekeringan

Nasional kemarau dan kekeringan
Antara • 04 Agustus 2020 14:18
Cilacap: Sejumlah wilayah di Jawa Tengah bagian selatan berstatus waspada kekeringan. Status tersebut diketahui berdasarkan peringatan dini potensi kekeringan meteorologis untuk dasarian (10 hari) pertama bulan Agustus 2020 yang dikeluarkan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang.
 
"Bahkan, ada wilayah Jateng selatan yang telah berstatus siaga dan awas kekeringan," kata Analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa, 4 Agustus 2020.
 
Baca: Penyebaran Covid-19 di Bogor Mengkhawatirkan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rendi menjelaskan peringatan dini dibuat berdasarkan peta pemantauan hari tanpa hujan dasarian ketiga bulan Juli 2020 di Jawa Tengah. Kekeringan meteorologis merupakan kekeringan yang berkaitan dengan curah hujan.
 
Menurutnya perhitungan tingkat kekeringan meteorologis merupakan indikasi pertama terjadinya kondisi kekeringan. Beberapa wilayah Jateng selatan yang telah berstatus waspada kekeringan di antaranya sebagian Kabupaten Kebumen dan sebagian besar Kabupaten Purworejo.
 
Sementara wilayah waspada kekeringan di pegunungan tengah Jateng, antara lain sebagian kecil Kabupaten Purbalingga dan sebagian kecil Kabupaten Banjarnegara.
 
Selain itu di wilayah Jateng selatan juga ada beberapa daerah yang telah berstatus siaga kekeringan seperti sebagian besar Kabupaten Kebumen. Bahkan di sebagian kecil wilayah Kebumen sebelah selatan telah berstatus awas kekeringan.
 
"Kalau untuk Kabupaten Cilacap dan Banyumas pada dasarian pertama bulan Agustus ini belum ada peringatan dini kekeringan," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif