Tersangka dan barang bukti sabu. DOK BNN
Tersangka dan barang bukti sabu. DOK BNN

Peredaran Sabu Sindikat Internasional Digagalkan BNN

Nasional sabu
Antara • 29 Juni 2020 15:06
Medan: Badan Narkotika Nasional (BNN), BNN Sumatra Utara, BNN Pidie Jaya, dan Kanwil Bea dan Cukai Sumatra Utara, menggagalkan peredaran narkotika internasional di Medan dan Bireun, Aceh. Barang bukti 37 bungkus narkotika jenis sabu ditemukan dalam kemasan teh hijau.
 
"Dalam pengungkapan itu, enam tersangka ditangkap takni MF, MR, BW, AM, RZ, dan MRU," ujar Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari di kantor BNN Provinsi Sumut, Senin, 29 Juni 2020.
 
Dia menerangkan, pengungkapan sindikat narkoba internasional itu dilakukan pada Sabtu, 27 Juni 2020, pukul 16.30 WIB. Petugas sebelumnya mendapat informasi akan ada penyelundupan sabu asal Malaysia, masuk ke perairan Kuala Bireuen, Aceh, dan akan diedarkan di wilayah Aceh dan Sumut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selanjutnya Tim BNN berkoordinasi dengan Kanwil Bea Cukai Aceh untuk mengerahkan kapal patroli laut Bea Cukai BC 15021 dan BC 20011 untuk memantau kapal nelayan jenis Oskadon di perairan Malaysia," ujarnya.
 
Baca:Penyalahgunaan Sabu dan Ganja Meningkat 60 Persen Selama Pandemi
 
Tim gabungan berhasil memantau pergerakan dua orang tersangka, kemduian menangkap MF dan MR di Binjai. Dari penangkapan itu, petugas juga menyita 29 bungkus sabu.
 
Dia menerangkan, puluhan bungkus sabu itu rencananya akan dibawa ke Sumut menggunakan mobil. Kemudian diserahkan ke seseorang di Medan.
 
Berdasarkan pengembangan MF dan MR, petugas menangkap BW dan AM, di area parkir pusat perbelanjaan di Jalan Gatot Subroto Medan. Kemudian, hasil pengembangan dilanjutkan ke wilayah Bireuen, Aceh.
 
"Didapat delapan bungkus sabu yang disembunyikan RZ di gudang milik MRU di Jeumpa, Kabupaten Bireuen," ungkapnya.
 
Para tersangka dan barang bukti dibawa ke kantor BNN untuk dilakukan pemeriksaan. Tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," katanya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif