Ilustrasi--Warga menyerbu pembagian air bersih yakni di Jalan Industri Dalam RW 08/07 Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/ Roni Kurniawan)
Ilustrasi--Warga menyerbu pembagian air bersih yakni di Jalan Industri Dalam RW 08/07 Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/ Roni Kurniawan)

Sumenep Minta Pemprov Jatim Bantu Tangani Dampak Kekeringan

Nasional kemarau dan kekeringan krisis air bersih
Rahmatullah • 13 Agustus 2020 12:20
Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur membantu penanggulangan bencana kekeringan di wilayah kepulauan.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd Rahmad Riadi, mengaku telah berkirim surat ke pemprov sebagai antisipasi jika di wilayah kepulauan membutuhkan bantuan air bersih.
 
"Pemerintah Kabupaten Sumenep seperti tahun kemarin berkirim surat ke Pemerintah Provinsi untuk penanggulangan kekeringan di kepulauan," kata dia, Kamis, 13 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rahmad mengatakan pihaknya selama ini kurang optimal menanggulangi dampak kekeringan di wilayah kepulauan. Selain karena keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana untuk pendistribusian air bersih belum memadai.
 
Baca juga:Berstatus Siaga, Gunung Sinabung Erupsi Lagi
 
"Butuh kapal angkut berkapasitas besar untuk menjangkau wilayah kepulauan," ujarnya.
 
Sejauh ini BPBD Kabupaten Sumenep dalam upaya pendistribusian air bersih ke daerah terdampak kekeringan, terutama daratan, masih memanfaatkan anggaran tidak terduga dari APBD.
 
"Permohonan sudah dilakukan, mengenai realisasi menunggu pemerintah provinsi. Karena untuk kabupaten/kota pembiayaannya dari dana tidak terduga. Apalagi sekarang semua fokus ke penanganan covid-19," jelas dia.
 
Rahmad menambahkan tahun lalu penanganan kekeringan di wilayah kepulauan sudah dilakukan Pemprov Jatim bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut. Bantuan air bersih didistribusikan ke sejumlah wilayah di kepulauan seperti Gili Genting, Sapudi, dan Kangean.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif