ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Wisatawan Hilang di Pantai Bantul Tersisa Satu Orang

Nasional tenggelam
Ahmad Mustaqim • 08 Agustus 2020 16:45
Bantul: Tim SAR gabungan telah menemukan enam dari tujuh wisatawan yang hilang di Pantai Goa Cemara, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Kamis, 6 Agustus 2020. Semua wisatawan hilang yang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal.
 
Terbaru tiga wisatawan ditemukan pada Sabtu, 8 Agustus 2020. Tiga wisatawan hilang yang ditemukan di lokasi berbeda, yakni Muhammad Riski Romadon, 7; Joko Widodo, 38; dan Muhammad Zidan Abrori, 8.
 
"Ada yang ditemukan di Pantai Indocor, pukul 08.45 WIB dan 11.15 WIB, dan di kawasan Pantai Galur (Kabupaten Kulon Progo) pukul 09.45 WIB," kata Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso, saat dihubungi, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tujuh Wisatawan Hanyut di Pantai Bantul
 
Ansawi menjelaskan masih ada satu wisatawan lagi yang dicari dengan identitas Akhmad Choirul Fatah. Lima tim pencarian masih menyusuri sejumlah jalur, baik perairan, darat, maupun pantauan udara.
 
"Kendala terbesar adalah ombak besar. Beberapa kali jukung dan jetski tidak bisa ke tengah. Selalu dihantam ombak dan kembali ke darat," jelasnya.
 
Asnawi menuturkan titik pencarian masih hampir sama dengan hari kedua. Dari pantai Goa Cemara, Pantai Indocor, Pantai Baru, hingga di muara Sungai Progo.
 
Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DIY, Noviar Rahmad, mengungkapkan target maksimal pencarian dilakukan hingga lima hari sejak hari kejadian.
 
"Seluruh komponen SAR ikut kami libatkan. Dari SAR Perlindungan Masyarakat (Sarlimnas) wilayah III, IV, dan V, serta SAR gabungan yang berisi berbagai unsur," ungkap Noviar.
 
Ketinggian ombak dua hingga empat meter menjadi kendala petugas di lapangan. Ia menyebut petugas pencarian di perairan harus lebih berhati-hati agar bisa selamat dalam menjalankan tugas.
 
"Hampir semua (wisatawan yang hilang) ditemukan di perairan. Ada yang di pinggir tapi masih di perairan," ujar Noviar.
 
Dengan temuan itu, total sudah ada enam wisatawan yang ditemukan. Mereka yakni Uli Nur, 28 dan Ahmad Nur Fauzi, 30 (ditemukan Kamis, 6 Agustus); Muh. Zafir Zakir, 8 (ditemukan Jumat, 7 Agustus); Joko Widodo, 30; Muh Rizki, 7; dan Muh. Zidan, 8 (ditemukan Sabtu, 8 Agustus). Wisatawan atas nama Ahmad Chairul, 4, masih dicari. Seluruh wisatawan merupakan warga Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif