Polres Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 di Lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Senin 21 Desember 2020.
Polres Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 di Lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Senin 21 Desember 2020.

266 Personel Gabungan Amankan Nataru di Kabupaten Malang

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru protokol kesehatan
Daviq Umar Al Faruq • 21 Desember 2020 12:42
Malang: Polres Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 di Lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Senin 21 Desember 2020. Apel dilaksanakan dalam rangka pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru).
 
Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, mengatakan Operasi Lilin Semeru 2020 di wilayah hukum Polres Malang resmi dimulai mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 nanti. Pada operasi tahun ini Polres Malang lebih mengetatkan pada pencegahan penyebaran covid-19.
 
"Total ada 266 personel gabungan yang kami libatkan dalam operasi lilin semeru tahun ini, diantaranya terdiri dari personel TNI, Polri, Senkom, dan BPBD," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama Operasi Lilin Semeru tersebut, Polres Malang menyediakan empat pos Pengamanan dan satu Pos Pelayanan yang ditempatkan di beberapa area Kabupaten Malang, seperti Kepanjen, Bantur dan Pos Pelayanan di simpang empat Karanglo.
 
"Jadi pemudik atau wisatawan yang merasa capek karena sudah perjalanan jauh bisa beristirahat di sana," tutur Hendri.
 
Baca: Duka Daerah karena Covid-19
 
Hendri pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan acara di luar gereja selain misa saat hari natal atau perayaan malam pergantian tahun di tempat wisata atau di Stadion Kanjuruhan.
 
"Jika ada yang ketahuan melakukan perayaan yang menimbulkan kerumuman maka personel kami yang melakukan operasi yustisi akan menindak tegas," tegasnya.
 
Sebagai inforamasi, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk pengecekan kesiapan akhir personel dalam rangka pengamanan Nataru. Sebab, dalam perayaan Nataru diprediksi akan timbul kerawanan kamtibmas dan pelanggaran protokol kesehatan covid-19.
 
"Polri dan Instansi terkait mengadakan Operasi Lilin Semeru 2020 untuk memberikan himbauan secara preventif kepada masyarakat," katanya.
 
Hendri menjelaskan, Polres Malang telah menyiapkan pasukan dan mendirikan pos pengamanan di sejumlah titik keramaian. Mulai dari pusat perbelanjaan, stasiun, bandara dan tempat wisata.
 
"Pengamanan ini tidak boleh dianggap kegiatan rutin tahunan, kita harus lebih peduli jangan sampai perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster baru covid-19," tegasnya.
 
Selain berfokus pada pelanggaran protokol kesehatan covid-19, operasi kali ini juga digelar untuk mengantisipasi ancaman gngguan kamtibmas lainnya. Seperti terorisme, narkoba, perusakan tempat umum. 
 
"Kami akan melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta melengkapi anggota dengan bodysistem. Kami akan tetap mengingatkan masyarakat dan keluarga untuk sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19," ungkapnya.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif