Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Institusi Pendidikan di Bantul Jadi Titik Penularan Covid-19

Nasional Virus Korona Protokol Covid-19 Penularan covid-19
Ahmad Mustaqim • 30 Oktober 2020 15:00
Yogyakarta: Pondok pesantren di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), jadi titik baru penularan covid-19. Kasus ini menambahkan daftar penularan covid-19 di lingkungan pondok pesantren.
 
Juru Bicara Percepatan Penanganan Penularan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, mengatakan, terdapat 68 penambahan kasus di Bantul, 64 di antaranya hasil penelusuran di institusi pendidikan, salah satunya di pondok pesantren. Ia menolak menjelaskan nama institusi pendidikan yang jadi titik penularan covid-19.
 
"Lokasinya ada di (Kecamatan) Sewon, Pleret, dan Piyungan," kata dia dihubungi, Jumat, 30 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Wahyu mengatakan, kasus baru di tiga kecamatan itu tak semua di institusi pendidikan. Menurut dia, ada lembaga di luar institusi pendidikan yang juga jadi titik penularan covid-19.
 
Baca:Sulsel Lepas Status Zona Merah Covid-19
 
"Kami di Bantul untuk screening dan tracing masif di kelompok populasi berisiko, seperti kantor, pabrik, sekolah/tempat pendidikan, juga para pelaku perjalanan adalah kegiatan prioritas," ujarnya.
 
Pihaknya kembali menggencarkan tes usap, setelah sekitar sebulan sempat kendor. Pelaksanaan tes usap dilakukan dengan mobil polymerase chain reaction (PCR)
 
"Pemda Bantul masih melakukan screening secara masif. Kelompok berisiko menjadi prioritas. Tak hanya institusi pendidikan, namun juga kantor pemerintahan dan kantor swasta," ungkapnya.
 
Ia mengaku, banyaknya penambahan kasus positif di Bantul tak lepas dari upaya tes di sejumlah lembaga. Ia berharap, tes usap yang terencana bisa perlahan mengurangi penularan.
 
"Selanjutnya dalam antisipasi melonjaknya kasus ini, kami menyampaikan kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Tidak keluar kota jika tidak ada keperluan mendesak, dan tetap waspada," tukasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif