ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

BPBD Dirikan Posko Siaga Bencana Hadapi Musim Hujan

Nasional banjir cuaca ekstrem musim hujan bencana alam bencana banjir Mitigasi Bencana
Amaluddin • 14 Oktober 2020 16:07
Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mendirikan posko untuk antisipasi bencana. Pendirian posko dilakukan lantaran adanya perubahan cuaca dan curah hujan disertai angin yang bakal melanda mulai Oktober hingga April 2021.
 
"Kami juga akan menyiapkan berbagai peralatan dan logistik, sebagai antisipasi terjadinya bencana pada musim penghujan nanti," kata Kasi Kedaruratan BPBD Jatim, Satriyo Nurseno, saat dikonfirmasi, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Baca: Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Bekasi Sasar 20 Persen Warga

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satriyo menjelaskan BPBD Jatim sudah mengeluarkan surat imbauan terkait kesiapsiagaan dan kewaspadaan ke pemerintah kabupaten/ kota pada 28 September 2020. Ia juga telah mensosialisasikan kepada masyarakat agar mewaspadai curah hujan yang bakal melanda Jatim.
 
"Imbauan ini dikeluarkan setelah kami koordinasi dengan BMKG, terkait adanya perubahan cuaca di Jatim," jelas Satriyo.
 
Sementara Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Teguh Tri Susanto, mengatakan BMKG pusat tengah melakukan pemantauan fenomena La Nina di Samudera Pasifik. Hasilnya ada pergerakan yang cukup aktif sehingga diprediksi berdampak pada sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jatim.
 
BMKG memprediksi La Nina akan berkembang mulai Oktober 2020 hingga April 2021. Sehingga pada Oktober hingga November, peningkatan curah hujan bulanan diprediksi terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali Sumatera.
 
"Kemudian selanjutnya pada Desember hingga Februari 2021, peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku Utara dan Papua," ungkap Teguh.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif