Pengunjung menikmati suasana liburan di pantai Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Jumat, 14 Mei 2021. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.
Pengunjung menikmati suasana liburan di pantai Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Jumat, 14 Mei 2021. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.

Wisatawan Positif Covid-19, Objek Wisata di Indramayu Tutup

Nasional Pariwisata objek wisata Virus Korona wisata jawa barat pandemi covid-19
Media Indonesia.com • 17 Mei 2021 07:06
Indramayu: Semua tempat wisata di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, ditutup karena ada wisatawan yang ditemukan positif covid-19. Penutupan berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan.
 
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu menutup semua objek wisata di Kabupaten Indramayu, sejak Minggu siang, 16 Mei 2021. Penutupan diawali dari Pantai Karangsong, Pantai Balongan Indah, dan sejumlah lokasi wisata lainnya. 
 
"Keputusan ini kami ambil untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar covid-19," tegas Rinto, dilansir dari MediaIndonesia.com, Senin, 17 Mei 2021.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rinto mengungkapkan tidak menginginkan kejadian di negara lain, salah satunya India, terjadi di Kabupaten Indramayu. Yakni banyak masyarakat yang berkerumun sehingga mengakibatkan lonjakan kasus covid-19 di negara tersebut.
 
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu telah mengeluarkan surat edaran penutupan lokasi obyek wisata sejak 13 Mei 2021. Namun, keputusan tersebut ternyata tidak dipatuhi oleh pengelola objek wisata. 
 
Tempat wisata tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sementara, pembatasan pengunjung sebanyak 25 persen dari kapasitas maksimal. 
 
Baca: Objek Wisata di Kabupaten Sukabumi Ditutup
 
Satgas Covid-19 kemudian melakukan rapid antigen secara acak kepada pengunjung tempat wisata. Hasilnya, ada pengunjung dari luar Kabupaten Indramayu yang dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19. 
 
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, membenarkan penemuan tersebut. Sebagai tindak lanjut, penutupan tempat wisata langsung diterapkan pada semua objek wisata.
 
Pihak kecamatan pun segera melaksanakan perintah tersebut. Salah satunya di Kecamatan Juntinyuat. 
 
"Kami juga akan awasi pelaksanaannya," kata Camat Juntinyuat, M. Nurulhuda. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif