Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau fasilitas Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) Puskesmas Manis Jaya di Jatiuwung. Medcom.id/Hendrik S
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau fasilitas Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) Puskesmas Manis Jaya di Jatiuwung. Medcom.id/Hendrik S

Puskesmas Manis Jaya Kota Tangerang Jadi Ruang Isolasi Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Hendrik Simorangkir • 05 Januari 2021 15:47
Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menambah jumlah fasilitas Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) untuk merawat warga Kota Tangerang yang terkonfirmasi positif covid-19. Salah satunya di Puskesmas Manis Jaya di Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten.
 
"Kesiapan ruangan dan gedung sudah siap merawat masyarakat yang terinfeksi covid-19," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Arief menuturkan, RIT Puskesmas Manis Jaya memiliki kapasitas 40 tempat tidur lengkap dengan fasilitas kesehatan penunjang untuk merawat pasien covid-19. Dia mengungkapkan, penambahan RIT agar masyarakat tidak melakukan isolasi mandiri di rumah sehingga meminimalisasi penularan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 15 Juta Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Pekan Depan
 
"Masyarakat Kota Tangerang yang memiliki gejala covid-19 bisa melapor kepada petugas. Tunjukkan hasil swabnya supaya bisa dirujuk di RIT untuk isolasi. Semua biaya perawatan pasien covid-19 di RIT ditanggung Pemkot melalui APBD," jelasnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, operasional RIT Puskesmas Manis Jaya dimulai pada Senin, 9 Januari 2021. Puskesmas Manis Jaya sudah tidak merawat pasien umum dan rawat inap.
 
"Namun tetap melayanani rawat jalan karena memiliki dua bangunan terpisah," kata Liza.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif