ilustrasi penahanan. Medcom.id
ilustrasi penahanan. Medcom.id

Pemkab Bekasi Akui Penyebaran Varian Delta di Kawasan Industri Lebih Cepat

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Satu Tahun Covid-19 PPKM Darurat
Antonio • 27 Juli 2021 16:49
Bekasi: Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membenarkan kasus penyebaran covid-19 varian delta di kawasan industri tersebar lebih cepat. Pasalnya, mobilitas manusia dan kendaraan di kawasan industri sangat tinggi.
 
Hal itu menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang mengungkapkan evaluasi PPKM menyebutkan bahwa covid-19 varian delta tersebar secara lebih cepat di wilayah industri ketimbang dengan nonindustri.
 
"Saya kira karena memang di wilayah industri itu mobilitas manusia dan barang sangat tinggi, maka wabah virus menular seperti covid-19, apapun variannya potensi penularannya akan tinggi. Terlebih varian delta ini memang punya tingkat penularan yang sangat tinggi dan dampak yg lebih berbahaya pada tubuh manusia," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dihubungi Medcom.id, Selasa 27 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Jokowi Sebut Pandemi Covid-19 Sebagai Tes Ketangguhan
 
Dia menjelaskan, Pemkab Bekasi telah melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka penyebaran covid-19 di kawasan industri Kabupaten Bekasi. Terlebih, terdapat sejumlah kawasan industri di wilayah setempat seperti MM2100, Jababeka, Delta Silicon dan EJIP.
 
Saat ini, kata dia, setiap perusahaan telah membentuk  Satgas Penanggulangan covid-19 yang memiliki sejumlah tugas. Yakni, menegakkan peraturan protokol kesehatan di dalam aktivitas perusahaan tersebut, melakukan tracing ketika diketahui ada karyawannya yang postif dan memfasilitasi tes swab antigen atau PCR terhadap kontak erat yang teridentifikasi dari hasil tracing.
 
"Kemudian, menyediakan tempat isolasi bagi karyawan yg terpapar Covid-19, baik sendiri-sendiri maupun bergotong royong dengan perusahan lain yang berada dalam kawasan industri yang sama," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif