Dampak awan panas Gunung Semeru, petani gagal panen. Foto: Dok/Metro TV
Dampak awan panas Gunung Semeru, petani gagal panen. Foto: Dok/Metro TV

Newsline

Petani Gagal Panen Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Nasional gunung semeru Newsline Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
MetroTV • 09 Desember 2021 00:55
Lumajang: Setelah Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran (APG) sejumlah petani mengaku khawatir mengalami gagal panen. Meskipun memiliki manfaat bagi kesuburan tanah di masa depan, namun material vulkanik gunung berapi kini merusak tanaman yang siap panen.
 
Salah satu lahan pertanian yang mengalami kerusakan akibat APG Gunung Semeru adalah perkebunan di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
 
Dua orang petani pemilik dan penggarap lahan pertanian cabai mengatakan tanaman mereka diselimuti oleh abu vulkanik APG Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hujan yang terjadi pada Selasa, 7 Desember 2021 siang kemarin membersihkan material APG Gunung Semeru yang menempel di daun dan pokok tanaman, APG Gunung Semeru ini telah merusak lahan pertanian cabai dan salak.
 
"Karena kena abu Gunung Semeru tanaman jadi rusak semua apalagi salak," ujar Sukar petani salak dalam program Newsline, Rabu, 8 Desember 2021.
 
Selain akan mengalami gagal panen di musim depan, kerugian materi para petani diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (Nabila Safarina)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif