NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pasien Positif Korona di Merauke Bertambah

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 25 Maret 2020 08:21
Jayapura: Pasien positif virus korona (covid-19) di Merauke, Papua, bertambah menjadi tiga. Pasien terbaru disebut seorang pejabat pemerintah setempat.
 
"Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki dan berusia 51 tahun. Kepastian positif covid-19 diperoleh setelah kami menerima notifikasi dari Labkes Jakarta melalui Pemerintah Provinsi Papua," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke, Nevil Muskita, Rabu, 25 Maret 2020.
 
Dia menerangkan pasien itu memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. Dia mengalami gejala demam disertai flu dan batuk, sehingga dirawat di RSUD Merauke.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami baru mendapatkan hasil pemeriksaan setelah sampelnya dikirim beberapa waktu lalu. Yang bersangkutan kemudian dinyatakan positif (terinfeksi) corona," imbuhnya.
 
Dua kasus pertama pasien positif terjangkit covid-19 di Provinsi Papua, berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke. Kedua pasien merupakan laki-laki berusia 46 dan 31 tahun.
 
Baca:Tagihan Listrik Masyarakat Miskin Diringankan Selama Darurat Covid-19
 
Pasien pertama pernah mengikuti salah satu kegiatan di Kabuparen Bogor, Jawa Barat, pada Februari 2020. Sekembalinya ke Merauke, pasien mengalami batuk, pilek, dan demam.
Pasien sempat memeriksakan diri ke dokter praktik umum namun tak kunjung membaik, hingga dirujuk ke RSUD Merauke sejak 11 Maret 2020.
 
Kabupaten Merauke telah menetapkan kejadian luar biasa (KLB) covid-19. Penetapan status KLB setelah dua pasien sebelumnya dinyatakan positif terjangkit korona.
 
"Saya pikir, kami harus mengambil langkah-langkah protektif untuk mencegah, mengatasi, dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," kata Bupati Merauke Frederikus Gebze, Senin, 23 Maret 2020.
 
Frederikus meminta masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah dan menerapkan jarak sosial. Ia juga memastikan pintu masuk ke Merauke telah diperketat.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif