Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pembagian Bansos Covid-19 di Bojonegoro Diduga Disunat

Nasional dana bansos korupsi
Mulyanto • 03 Juli 2020 20:46
Bojonegoro: Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro menduga bantuan pandemi covid-19 di tingkat desa hingga kabupaten diduga disunat. Dugaan Indikasi korupsi lantaran adanya pemberian bantuan yang tidak merata dan tidak adanya pengumuman jumlah penerima bantuan kepada masyarakat.
 
"Jumlah bantuan yang berbentuk paket sembako tidak ada pengumuman transparansinya, siapa penerimanya sehingga perlu dicek kembali," kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Angling Dharma, Muhamad Nasir, di Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Dia menerangkan, bantuan berupa paket sembako diubah menjadi uang ke keluarga penerima manfaat (KPM) mengindikasikan dalam penyaluran diduga terjadi tindak korupsi. Pihaknya berharap agar pemerintah lebih tegas dalam menangani bantuan pandemi ini, karena tidak ada keterbukaan anggaran dan jumlah anggaran bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mulai tingkat desa hingga kabupaten belum ada transparansi anggaran yang diberikan kepada penerima manfaat," jelasnya.
 
Baca:Program Kartu Petani Mandiri Bojonegoro Dinilai Tebang Pilih
 
Nasir menegaskan, aparat penegak hukum harus aktif terlibat pemantauan. Sehingga bisa meminimalisasi indikasi penyelewengan bantuan.
 
Sementara itu, warga asal Desa Sumodikaran, Kecamatan Dander, Abu Amin, mengatakan selama ini belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah. Padahal dirinya layak mendapatkan bantuan covid 19.
 
"Banyak warga yang mendapatkan bantuan sembako mulai dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan uang tunai yang diberikan oleh Pemerintah," ungkap Abu.
 
Dia menilai, banyak warga mampu yang menerima bantuan covid-19. Sedangkan warga kurang mampu, jarang mendapatkan bantuan. Pihaknya berharap, bantuan bisa disalurkan merata dan perlu dilakukan verifikasi agar tepat sasaran.
 

(LDS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif