Kondisi talud sungai Winongo Kota Yogyakarta yang longsor. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Kondisi talud sungai Winongo Kota Yogyakarta yang longsor. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Talud Longsor, Bangunan di Bantaran Sungai Runtuh

Nasional longsor tanah longsor
Ahmad Mustaqim • 12 Maret 2020 11:41
Yogyakarta: Sebuah talud di bantaran sungai Winongo, Kampung Jlagran, Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) longsor, Rabu, 11 Maret 2020. Satu rumah warga runtuh ke sungai.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi, mengatakan longsor diakibatkan hujan selama beberapa hari terakhir. "Talud ambrolnya ke sungai. Ada satu rumah terdampak, bagian dapur dan kamar mandi. Pemilik bangunan bernama Surajiyah," kata Hari, di Yogyakarta, Kamis, 12 Maret 2020.
 
Titik longsor berada di RT 08 RW 02 Kampung Jlagran. Hari mengatakan penghuni rumah terpaksa dievakuasi karena bangunan dalam kondisi membahayakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Anjing Pelacak Bantu Cari Korban Longsor Tasikmalaya
 
"Talud yang ambrol ke sungai ini ketinggiannya sampai 20 meter. Sempat muncul retakan sebelum talud itu ambrol," ujarnya.
 
Kondisi itu tak hanya berdampak pada tempat tinggal warga. Jembatan yang berada di atas sungai Winongo juga mengalami keretakan sepanjang tiga meter. Aparat kepolisian melarang kendaraan roda empat melintasi jembatan itu.
 
Menurut Hari, bangunan rumah itu memang berada di bantaran sungai. Kerusakan bangunan diyakini berlangsung selama jangka panjang.
 
"Saat banjir, bagian bawah tergerus arus. Bukan tidak mungkin bisa memunculkan longsor jika arusnya terus deras," ungkapnya.
 
Ia berharap warga tak asal mendirikan bangunan, apalagi di bantaran sungai. "Kalau bangunan roboh kan repot. Pemilik rumah sementara diungsikan," ucap dia.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif