NEWSTICKER
Gereja Blenduk, salah satu bangunan tua di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Foto: Mustholih
Gereja Blenduk, salah satu bangunan tua di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Foto: Mustholih

Korona Bikin Kawasan Kota Lama Semarang Sepi

Nasional Virus Korona
Mustholih • 19 Maret 2020 20:54
Semarang: Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, tampak sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara, imbas penyebaran virus korona (covid-19). Kunjungan wisatawan di Kota Lama Semarang disebut menurun drastis.
 
"Sekarang sepi. Kalau dulu ramai. Mulai sepi sejak (sekolah) diliburkan," kata seorang pekerja kebersihan Kota Lama Semarang, Sugiyati, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Sugiyati mengungkap rata-rata mengantongi minimal Rp60 ribu per hari dari jasa sewa sepeda ontel. Namun saat ini, nihil penyewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu sudah bersih (Rp60 ribu). Sekarang malah banyak yang enggak ada sewa sama sekali," imbunya.
 
Tapi, kata Sugiyati, ada sisi positif dari sepinya kawasan Kota Lama Semarang. Kawasan warisan era kolonial Belanda jadi lebih mudah dibersihkan.
 
Baca: Industri Wisata dan Hiburan Jateng Bertumbangan Akibat Virus Korona
 
"Karena enggak banyak orang, sampah jadi sedikit. Saya bisa mengurus taman, mencabut rumput dan membersihkan dari sampah-sampah plastik," jelas Sugiyati.
 
Seorang pengunjung, Oktafia, mengaku sudah dua kali berkunjung ke Kawasan Kota Lama Semarang. Dia mengaku tak khawatir perihal telah menyebarnya virus korona hingga ke Jawa Tengah.
 
"Enggak khawatir, karena saya setiap hari berpikir untuk tidak sakit. Yang penting konsumsi buah dan hidup bersih. Jadi virus enggak gampang masuk," ujar perempuan asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif